Mother&Baby Indonesia
Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Tumbuh kembang Si Kecil bukan hanya dipersiapkan saat ia lahir, tetapi juga perlu dipesiapkan sejak di dalam kandungan. Dalam hal ini, zat gizi dan nutrisi yang paling diperlukan untuk mengoptimalkan tahapan pertumbuhan dan kesehatannya.

 

Bagi ibu hamil, ragam zat gizi yang diperlukan bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan juga membantu ibu memberikan nutrisi terbaik bagi calon bayinya. Beberapa zat yang dibutuhkan ibu hamil, antara lain:



 

1. Zat Besi dan Asam Folat
Asam folat membantu pembentukan sel-sel darah merah. Sel-sel ini berperan penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain asam folat, penambahan zat besi bagi ibu hamil juga dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, zat besi juga dapat mendukung pertumbuhan bayi agar mencapai berat badan normal. Asam folat bisa didapat dari beberapa sumber makanan, seperti brokoli, bayam, alpukat, dan lain-lain. Sedangkan, zat besi bisa didapat dari sumber daging merah, kacang merah, tomat, dan sayuran berwarna hijau lainnya.

 

2. Kalsium
Mencukupi kebutuhan kalsium saat hamil sama dengan mendukung pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi yang kuat bagi calon bayi Anda. Ibu hamil bisa mendapatkan sumber kalsium dari susu, keju, yogurt, kacang kedelai, dan kacang almond.



 

3. Selenium
Selenium dapat membantu mengurangi risiko keguguran, preeklampsia, gangguan pertumbuhan janin, dan persalinan prematur. Makanan sumber selenium bisa didapat dari sumber makanan yang tinggi kadar proteinnya, seperti telur, ikan tuna, kerang, dan daging. Selenium juga bisa didapat dari bawang putih, brokoli, kembang kol, almond, hazelnut, sereal, jagung, tomat serta makanan fermentasi seperti tempe, tahu dan yoghurt.

 

4. Vitamin dan Mineral
Vitamin D bagi janin dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta membantu sistem kekebalan tubuh pada tahap awal kehamilan. Sedangkan, vitamin A juga membantu mengurangi risiko gangguan pertumbuhan pada janin. Vitamin dan mineral memang merupakan kebutuhan esensial bagi janin. Vitamin D secara alami bisa didapat dari ikan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging. Berjemur di bawah sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D terbaik bagi tubuh Anda. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: gizi,   nutrisi,   ibu,   hamil,   makanan,  








Cover Maret 2020