Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Hal Ini?

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Hal Ini?

Bolehkah ibu hamil mewarnai rambut? Bagaimana dengan penggunaan krim anti-penuaan dan kosmetik? Benarkah ibu hamil tak boleh berendam dalam air hangat? Sederet pertanyaan ini akan terjawab melalui ulasan berikut.

 

1. Mewarnai Rambut
Ada banyak kontroversi mengenai aman atau tidaknya mewarnai rambut saat hamil. Amie Wilson, technical hair colorist dari Inggris, menyarankan jika Anda khawatir sebaiknya jangan mewarnai rambut pada trimester pertama, karena ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ibu hamil sebelum mengecat rambutnya.



 

2. Berendam Air Hangat
Menurut bidan Megan Baker dari Inggris, berendam dengan air hangat di saat hamil sebenarnya aman, bahkan beberapa dokter merekomendasikannya. Yang harus diperhatikan adalah suhu air jangan melebihi 35 derajat celcius. Temperatur panas yang menyengat dan konstan juga dapat mengurangi cairan tubuh dan tekanan darah pada ibu hamil. Anda pun jadi mudah pingsan dan sakit kepala, sehingga mengganggu aliran darah pada janin.

 



Berendam air hangat saat hamil banyak memberikan manfaat, antara lain menyamankan otot-otot dan sendi, serta mengurangi gejala bengkak pada betis dan kaki. Dengan berendam, Anda pun dapat mengusir kepenatan dan rasa tidak nyaman.

 

Baca artikel lengkap hal apa saja yang diperbolehkan saat hamil serta tipsnya di Mother&Baby edisi Mei 2015! (VH/Aulia/dok.M&B)



Tags: ibu,   hamil,   mitos,   fakta,   kesehatan,