Mother&Baby Indonesia
Fibroid Pada Kehamilan

Fibroid Pada Kehamilan

Ketika melakukan pemeriksaan USG, ada beberapa kasus yang cukup mengejutkan para ibu hamil, yaitu tumbuhnya fibroid dalam rahim mereka. Apa itu fibroid dan apakah wanita dengan fibroid harus menjalani operasi caesar saat melahirkan?

 

Fibroid merupakan tumor ringan yang tumbuh dalam rahim. Tidak diketahui pasti apa penyebabnya, tetapi diduga hormon estrogen dan progesteron berperan dalam hal ini. Umumnya fibroid tak akan menimbulkan masalah, tetapi kondisi ini dapat mempengaruhi kesuburan, keguguran, persalinan prematur, serta menyebabkan nyeri haid, haid yang banyak dan berkepanjangan.



 



Kebanyakan fibroid tidak mengganggu kehamilan, walaupun ia dapat menimbulkan rasa tak nyaman dan dapat membesar karena meningginya tingkat hormon dalam tubuh Anda. Tetapi pada kebanyakan wanita, ukuran fibroid menetap, tidak membesar, atau bahkan mengecil selama masa hamil. Wanita hamil dengan fibroid, dan pada kebanyakan kasus, tidak memberi perbedaan apa-apa. Tetapi bila Anda mengkhawatirkan hal ini, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda. (E/Sagar/Dok. Babygearworld)



Tags: kehamilan,   fibroid,   tumor,   rahim,   dokter_kandungan










Cover April 2020