Mother&Baby Indonesia
Cara Sederhana Turunkan Berat Badan Pasca-Melahirkan

Cara Sederhana Turunkan Berat Badan Pasca-Melahirkan

Dijawab oleh: Emilia E. Achmadi MS., RD., nutritionis.

T: Untuk mengurangi berat badan pasca-melahirkan, saya sudah melakukan banyak olahraga dan mengurangi asupan karbohidrat, tapi tetap tak berhasil. Bagaimana cara yang mudah untuk menurunkan berat badan?

 





J: Ada 6 langkah sederhana (di luar olahraga) untuk membantu mencapai berat badan yang ideal, yaitu:

  • Kurangi asupan lemak, dengan cara membuang lemak pada daging merah, buang tumpukan lemak yang ada di bawah kulit ayam, kurangi frekuensi menggoreng atau mengonsumsi gorengan, pilih susu murni rendah lemak, dan yoghurt rendah lemak (bukan frozen yoghurt yang mengandung banyak gula), dan gantikan santan dengan susu atau yoghurt tawar untuk memasak.
  • Konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, beras merah, dan pasta yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.
  • Jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Sarapan yang sehat dan lengkap memberikan energi untuk memulai aktivitas dalam sehari dan membantu proses pembakaran energi.
  • Selalu ingatkan diri Anda untuk mengonsumsi minimum 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.
  • Konsumsi air putih yang cukup, minimum 2 liter setiap hari.
  • Hati-hati dengan minuman yang tinggi kandungan gulanya, seperti soda dan minuman lain (jus dalam botol atau kotak, atau teh dalam botol atau kotak). (M&B/Dok. M&B UK)



Tags: turunkan_berat_badan,   tips_langsing