Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Sekolah untuk Si Kecil

Tips Memilih Sekolah untuk Si Kecil

Untuk memilih sekolah bagi balita, Anda tidak perlu berlomba untuk mendapatkan sekolah paling mahal. Ingat, Si Kecil masih perlu biaya sekolah selama 20 tahun ke depan. Jangan hamburkan tabungan untuk biaya prasekolah saja. Dalam menyeleksi sekolah, Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran Anda. Dari beberapa pilihan sekolah yang biayanya terjangkau itu, pilih sekolah yang memiliki fasilitas dan sistem pengajaran paling baik. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menyeleksi sekolah untuk Si Kecil.

 

1. Pilih sekolah yang terdekat dari rumah Anda. Jangan sampai Si Kecil kelelahan sampai sekolah karena harus menempuh perjalanan jauh. Dekatnya jarak antara rumah dan sekolah juga dapat memudahkan Anda mengawasi Si Kecil atau mengantisipasi berbagai hal, seperti mengambil pra karya yang tertinggal di rumah.

 

2. Perhatikan perbandingan antara jumlah murid dan guru, setidaknya lima anak banding satu guru. Tanyakan juga sampai usia berapa anak didampingi orangtua di dalam kelas.

 

3. Agar tidak mudah bosan, pilih waktu belajar yang tidak lebih dari 4 jam, dan frekuensinya berselang 1-3 hari.

 

4. Jika Anda ingin mempersiapkan anak Anda untuk menguasai bahasa asing, Anda dapat memilih sekolah yang menggunakan bahasa pengantar asing atau billingual.

 

5. Ada bermacam kurikulum yang diberikan dalam pre-school, dari nasional sampai internasional. Tanyakan pada diri Anda, sejauh mana Si Kecil membutuhkan sistem yang ditawarkan sekolah tersebut. (Aulia/dok.freedigitalphotos)



Tags: ibu,   sekolah,   balita,   anak,   tips,  










Cover April 2020