Mother&Baby Indonesia
Jadwal Tidur Pengaruhi Kesuburan

Jadwal Tidur Pengaruhi Kesuburan

Anda sedang merencanakan kehamilan? Jika ya, mulailah mengatur jadwal tidur Anda. Peneliti mengklaim, mereka yang memiliki rutinitas tidur dan bangun pada waktu yang sama, selama 7-8 jam  setiap harinya, secara signifikan dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan Anda.

 

Sebaliknya, mereka yang seringkali tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, akan menurunkan peluang untuk hamil. Para akademisi percaya bahwa jumlah tidur kita dapat mengubah kadar hormon tertentu yang memengaruhi kesuburan. Mereka juga menduga, kebiasaan tidur wanita sangat terkait dengan gaya hidupnya, termasuk diet, olahraga, dan kebiasaan minum. Semua itu akan memengaruhi kemampuan seorang wanita untuk bereproduksi.



 

Seperti dilansir dari sumber Daily Mail, dalam sebuah penelitian terhadap 656 wanita yang memiliki bayi tabung, mereka menemukan bahwa orang-orang yang memiliki waktu tidur malam antara tujuh dan delapan jam, memiliki kesempatan sebesar 15 - 25 persen untuk hamil.



 

Para peneliti percaya, semua wanita yang sedang merencanakan kehamilan akan mendapat manfaat dari tidur malam selama tujuh atau delapan jam. Disarankan, cara ini bisa mulai dilakukan tiga minggu sebelum perencanaan kehamilan. Selama bertahun-tahun, para ahli memang telah menyarankan orang dewasa untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, kanker,  hingga demensia. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: hamil,   kesuburan,   tidur,