Mother&Baby Indonesia
Saat Si Kecil Sariawan

Saat Si Kecil Sariawan

Rasa sakit dan tak nyaman akibat sariawan akan membuat Si Kecil rewel. Kondisi seperti ini pasti akan mengganggu selera makannya. Saat Si Kecil sariawan, ada beberapa makanan yang dapat diberikan pada Si Kecil untuk meredakan dan mempercepat proses penyembuhannya. Beri ia makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan dengan tekstur yang lunak untuk meredakan nyeri.

 

Minum air putih
Sariawan biasanya disertai panas dalam. Mengonsumsi banyak air putih dapat membantu pengeluaran urin sehingga panas dalam tubuh pun akan berkurang dan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.



Kurangi makanan manis
Kandungan gula dalam makanan manis seperti fruktosa, glukosa hingga sukrosa akan dirubah menjadi cairan asam yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut terlebih saat ia sariawan.

Buah dan sayur
Buah dan sayur seperti jeruk, mangga, semangka, brokoli dan bayam sangat baik dikonsumsi saat Si Kecil sariawan. Berikan dalam bentuk smoothies sehingga Si Kecil dapat langsung meminumnya. Pilihlah buah-buahan yang memiliki tekstur empuk dan tinggi kandungan air.



Konsumsi makanan lunak
Saat sedang sariawan, biasanya Si Kecil menjadi tidak nafsu makan karena sulit dan sakit  saat mengunyah. Maka beri ia makanan dengan tekstur yang lunak seperti bubur, sup hingga puding yang terbuat dari campuran buah segar.

(Tammy/DT/Dok. M&B UK)


 



Tags: sariawan,   mengobati_sariawan










Cover Mei-Juni-Juli 2020