Mother&Baby Indonesia
Asap Rokok Memicu Asma Si Kecil Kambuh

Asap Rokok Memicu Asma Si Kecil Kambuh

Asma adalah masalah pernapasan kronik yang terjadi pada bagian paru-paru dan saluran yang membawa udara ke paru-paru. Jika Si Kecil memiliki asma, terjadi iritasi dan pembengkakan di bagian saluran ini, sehingga ia pun akan mengalami kesulitan bernapas.

 

Dilansir melalui Babycenter, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendiskusikan kepada dokter strategi apa yang harus dilakukan untuk menghindari asma Si Kecil kambuh dan penanganan yang tepat ketika asma terjadi. Beberapa anak akan kambuh asmanya apabila ia mengalami flu, sedangkan ada juga yang karena terjadi kontak dengan pemicu alergi atau terpapar asap rokok.



 

Fakta dari Kids Health menyebutkan hampir 40 persen anak-anak mengatakan bahwa ada anggota keluarga mereka yang merokok di rumah mereka. Karenanya, jika Si Kecil memiliki asma, Anda harus ekstra hati-hati supaya ia tidak terpapar oleh asap rokok. Informasikan kepada orang-orang di sekitar Anda bahwa mereka tidak boleh merokok di dekat Si Kecil.



 

Selain itu, pilihlah area bebas rokok setiap Anda mengajak Si Kecil ke luar, misalnya makan di restoran atau bermain di taman, serta informasikan keadaan Si Kecil kepada pihak sekolah apabila ia sudah mulai bersekolah. Yang terpenting, selalu bawa obat-obatan Si Kecil supaya ia segera mendapat penanganan pertama ketika asma menyerang. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   asma,   asap_rokok