Mother&Baby Indonesia
Tips Sukses Bernegosiasi Gaji

Tips Sukses Bernegosiasi Gaji

Anda sudah begitu nyaman dengan pekerjaan saat ini. Mulai dari atasan dan rekan kerja yang menyenangkan, serta jadwal kerja yang fleksibel bagi ibu bekerja. Situasi kerja seperti ini hampir sempurna bagi Anda. Sayangnya, gaji yang didapatkan saat ini menjadi satu hal yang mengganjal hati Anda.

 

Tunggu dulu! Jangan terburu-buru mencari pekerjaan baru karena gaji yang menurut Anda kurang layak. Anda tetap bisa bertahan di posisi saat ini dengan gaji yang lebih layak, melalui negosiasi. Ikuti cara menegosiasikan gaji yang Anda inginkan, seperti berikut.



 

1. Lakukan Perbandingan
Setiap manusia memang tidak pernah puas. Sebelum Anda mengklaim bahwa gaji Anda kurang memuaskan, cari tahu dulu secara realistis berapa rata-rata gaji untuk posisi Anda saat ini di perusahaan lainnya. Jika Anda memang menemukan bahwa gaji Anda kurang layak, cobalah membuat 'note' untuk perusahaan Anda melalui atasan.

 



2. Berdiskusi dengan Atasan
Jadwalkan pertemuan dengan atasan Anda untuk mendiskusikan kebutuhan gaji Anda. Namun, pastikan untuk melakukan hal ini saat atasan Anda tidak sibuk dengan pekerjaannya, atau hindari saat mood-nya sedang buruk. Diskusikan pada atasan untuk menawarkan gaji yang lebih sesuai bagi posisi Anda, tentunya dengan menilai bagaimana tanggung jawab yang sudah Anda lakukan terhadap pekerjaan. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar layak mendapatkan gaji yang sesuai.

 

3. Fleksibel
Jika atasan Anda masih menolak tentang permintaan kenaikan gaji Anda, cobalah lebih fleksibel untuk memberikan penawaran lain, seperti pemenuhan kompensasi uang transportasi, uang makan, atau tunjangan lainnya. Tidak perlu terlalu memfokuskan diri pada kenaikan gaji pokok Anda. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: karir,   ibu,   gaji,   negosiasi,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020