Mother&Baby Indonesia
7 Cara Atur Keuangan untuk Keluarga Baru

7 Cara Atur Keuangan untuk Keluarga Baru

Semua orangtua pasti merasa bahagia saat Si Kecil lahir. Tapi, alangkah baiknya jika kelahiran Si Kecil sudah dilengkapi dengan perencanaan keuangan yang matang. Bukan rahasia lagi bahwa membesarkan anak butuh banyak biaya. Bahkan jika kita tidak bisa mengatur keuangan, bukannya tidak mungkin melebihi biaya yang dianggarkan. Sebagai orangtua baru, berikut beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menghemat pengeluaran.

 

1. Jangan malu bertanya pada teman atau kerabat untuk meminjam perlengkapan bayi atau mewariskan baju yang layak pakai yang tidak terpakai. Dan, jika Anda sudah memiliki anak, pastikan menyimpan barang-barangnya untuk bayi berikutnya.
2. Biasanya, barang-barang keperluan bayi di pusat perbelanjaan seperti ITC lebih murah daripada di mall. Gunakan kemampuan menawar Anda saat membeli barang-barang di sana. Tawar menawar ini juga bisa Anda terapkan jika Anda mau menyewa asisten untuk membantu Anda merawat Si Kecil.
3. Anda bisa memanfaatkan program diskon yang suka diadakan toko online. Tidak ada salahnya sering 'berjalan-jalan' di online store. Tapi ingat, tetap fokus ya, Moms!
4. Berikan ASI. Selain memberikan banyak manfaat bagi Si Kecil, ASI juga tidak membutuhkan biaya alias gratis!
5. Menggunakan popok kain. Meskipun biaya awal pembelian popok kain agak mahal, tapi selanjutnya Anda akan menghemat biaya diapers. Lagipula, menggunakan popok kain juga bagus bagi lingkungan.
6. Untuk menghemat pengeluaran, Anda juga bisa menyewa beberapa perlengkapan bayi, misalnya high chair, boks, car seat, dan sebagainya. Pastikan kebersihannya sebelum barang-barang itu digunakan Si Kecil ya, Moms!
7. Jual kembali barang-barang Anda atau Si Kecil yang sudah tidak terpakai. Selain bisa menghasilkan uang, rumah Anda pun terbebas dari tumpukan barang tidak terpakai.



 



(MidyaDesiani/dok.freedigitalphotos)



Tags: keuangan_keluarga_baru,   keluarga_baru










Cover April 2020