Mother&Baby Indonesia
Makanan Sumber Kolagen untuk Kulit

Makanan Sumber Kolagen untuk Kulit

Semakin bertambahnya usia, kulit Anda pun akan semakin menua. Tanda-tanda penuaan,  seperti keriput, kendur, kering dan kusam merupakan musuh utama wanita yang seringkali ditakuti. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kolagen dalam tubuh.

 

Berbagai produk kecantikan yang mengandung kolagen pun marak digunakan para wanita demi menjaga keindahan kulit mereka. Namun, Anda bisa mendapatkan sumber kolagen secara alami dari beberapa jenis makanan, seperti berikut.



 

1. Kol dan Kubis
Kol, bok choy, dan kubis merah disebut dapat membantu kulit tampak bercahaya, karena mengandung sumber kolagen. Kandungan antioksidan dan fitonutrien seperti lutenin, tiosianat, zeaxanthin, dan isothiocynates ans meningkatkan sulforaphane yang menghidrasi kulit dan membuatnya lebih elastis. Selain itu, kol juga merupakan sumber serat, vitamin B6, folat, mangan, dan juga zat besi. Kol juga mengandung potasium, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

2. Kedelai
Produk kedelai seperti susu kedelai juga dapat membantu Anda menghilangkan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Kandungan genistelin, yaitu hormon tumbuhan alami di kedelai meningkatkan produksi kolagen yang menguatkan kulit. Antioksidan dalam kedelai melindungi kulit dengan mengontrol produksi radikal bebas yang dapat menjadi penyebab utama kerusakan atau kematian sel kulit.

 

3. Buah Berwarna Merah
Buah merah seperti apel, ceri, stroberi juga merupakan makanan anti-aging yang meningkatkan kolagen. Kandungan antioksidan, seperti likopen di dalam buah-buahan berwarna merah meningkatkan produksi kolagen. Lycopense juga mencegah kerusakan DNA dalam sel kulit, dan membantu sel kulit berfungsi dengan baik. Anda jadi terlhat awet muda.

 



4. Kacang Buncis
Kacang buncis mengandung asam hyaluronic yang merupakan zat anti penuaan. Asam hyaluronic memiliki kandungan air yang mengurangi keriput dan garis-garis halus pada kulit. Asam hyaluronic meningkatkan hidrasi kulit, membuat kulit lembab dan halus, meningkatkan elastisitas kulit dan sintesis kolagen, serta memelihara pertumbuhan sel kulit yang sehat.

 

5. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperlambat kerusakan kolagen dan elastin yang menyebabkan penuaan kulit. Vitamin A merangsang aliran darah ke permukaan kulit. Hal tersebut melindungi kulit dari sinar UV dan mengurangi bintik-bintik dan pigmentasi di kulit. Selain itu, hal tersebut juga mengurangi masalah jerawat.

 

6. Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga membantu pembentukan kolagen. Zat ini juga dapat mengurangi jerawat dan mencegah penyumbatan pori.

 

7. Lemon dan Jeruk
Vitamin C pada lemon dan jeruk membantu meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C merupakan antioksidan yang memperlambat radikal bebas. Buah untuk kesehatan kulit yang mengandung Vitamin C, termasuk stroberi, nanas, jeruk, dan pepaya. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: kolagen,   nutrisi,   kulit,   makanan,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020