Mother&Baby Indonesia
Trik Bangun Pagi Dengan Segar

Trik Bangun Pagi Dengan Segar

Berdasarkan fakta dari The Body Clock Guide to Better Health, hanya 1 dari 10 orang yang benar-benar bisa bangun pagi. Sementara, 2 dari 10 orang masuk ke dalam kategori orang-orang yang beraktivitas di malam hari, dan sisanya berada di antaranya. Kendati demikian, memulai pagi dengan semangat sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Dilansir melalui Health, berikut trik yang bisa Anda terapkan!

 

Buat Rencana Waktu Bangun Tidur
Kunci ingin bangun pagi adalah dengan tidur yang cukup. “Menekan tombol snooze pada alarm handphone Anda berulangkali merupakan salah satu tanda tidur Anda bermasalah. Bahkan, tanpa alarm pun Anda bisa bangun dengan tepat waktu,” ujar Nathaniel Watson, MD, president-elect of the American Academy of Sleep Medicine.



 

Berlatih Tidur Teratur
Dokter Watson menjelaskan bahwa dengan menerapkan waktu tidur yang rutin adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika Anda ingin mencobanya, mulailah membaringkan tubuh Anda di tempat tidur 15 menit sebelum waktu tidur yang Anda tentukan setiap malam. Ini akan membuat tubuh Anda terbiasa dan mengirimkan sinyal kalau sudah waktunya beristirahat.

 

Bijak Mengatur Waktu
Mengatur waktu antara untuk diri sendiri, pekerjaan, dan bersosialisasi memang tidak mudah. Terkadang, walaupun tubuh sudah merasa lelah, Anda akan terus memaksa bekerja hingga larut malam sehingga waktu tidur Anda pun terbuang. Mulai sekarang berkomitmenlah terhadap diri sendiri untuk tidur tepat waktu agar Anda kembali bugar keesokan harinya.

 

Ritual Sebelum Tidur
Tidak ada salahnya membuat ritual sebelum tidur supaya tubuh Anda menjadi lebih rileks. Mandi dengan air hangat, minum segelas teh, atau membaca buku sambil mendengarkan alunan musik yang lembut sekitar 20 menit sebelum tidur tentu akan membuat Anda cepat mengantuk dan lebih nyenyak terlelap.

 



Tidur Siang
Jika Anda sudah terlanjur tidur larut malam karena ada tugas kantor yang harus diselesaikan atau berkumpul bersama teman-teman, lakukan tidur siang di akhir minggu sebagai gantinya. Ini akan membuat tubuh Anda lebih segar setelahnya.

 

Perhatikan Makan dan Minum
Beberapa ahli percaya merasa terlalu kenyang atau lapar sebelum tidur menyebabkan Anda tidak nyaman dan kesulitan tidur. Begitu pula jika Anda terlalu banyak minum, Anda akan bolak-balik ke toilet karena ingin buang air kecil. Terlalu banyak mengonsumsi kafein serta alkohol juga mampu mengganggu waktu tidur.

 

Matikan Lampu
Cahaya di kamar tidur Anda akan mengganggu ritme sirkandian atau pola tidur Anda, begitupun cahaya gadget. Karenanya, matikan seluruh lampu dan gadget sejam sebelum tidur untuk mempermudah Anda terlelap.

 

Buat Kamar Tidur Senyaman Mungkin
Suhu udara, suara-suara, cahaya, serta kenyamanan akan memengaruhi kualitas tidur Anda. Jadi, sesuaikan suhu kamar Anda serta selalu rapikan tempat tidur. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: tidur,   pagi_hari










Cover Mei-Juni-Juli 2020