Mother&Baby Indonesia
Radang Amandel Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Radang Amandel Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Tentu saja, amandel punya fungsi penting bagi tubuh. Semua bagian tubuh, kan, tidak ada yang tidak berguna. Amandel sebenarnya adalah sistem pertahanan tubuh dari kuman. Amandel diciptakan untuk menangkap kuman yang masuk melalui rongga mulut. Letak amandel di sisi kiri dan kanan kerongkongan.

 

Menurut Dr. Ravi Seshadri, konsultan THT dari Pacific Healthcare, Singapura, amandel dan adenoid berfungsi saat seorang anak berusia balita. Setelah usia itu, sistem pertahanan tubuh dilakukan oleh organ lain. Bahkan adenoid akan menghilang saat seseorang beranjak dewasa. Radang amandel bisa terjadi pada siapa saja, dan terutama pada seseorang yang cenderung alergi.



 

Karena tugasnya sebagai prajurit garda depan, amandel menjadi sering mengalami infeksi.  Jika terkena kuman, amandel akan membengkak dan memerah (tanda adanya radang). Sungguh tidak menyenangkan jika amandel sedang diserang musuh. Suara akan menjadi serak, tenggorokan panas, terasa sakit saat menelan, demam, dan biasanya radang amandel disertai juga dengan pembengkakan kelenjar limpa di sekitar leher.



 

Biasanya, saat amandel membengkak, ada bagian adenoid yang juga membengkak. Adenoid juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari kuman. Jika amandel bisa dilihat dengan jelas, adenoid agak sulit dilihat sebab letaknya ada di belakang rongga pernapasan. (SR/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: radang,   amandel,   kesehatan