Mother&Baby Indonesia
Parasomnia (3): Makan Sambil Tidur

Parasomnia (3): Makan Sambil Tidur

Bila Anda makan tanpa sadar saat sedang tertidur, ini menandakan Anda mengalami salah satu gangguan parasomnia, yaitu makan sambil tidur. “Banyak orang dengan masalah ini mengonsumsi kombinasi makanan yang tidak lazim atau sesuatu yang berbahaya. Pasien saya bahkan mengonsumsi ampas kopi ketika terlelap,” ujar Shelby Harris, PsyD, pemimpin Sleep-Wake Disorders Center di Montefiore Medical Center, Bronx, AS.

 

Walaupun tidak mengingatnya, tanda seseorang mengalami masalah makan sambil tidur bisa dilihat dari suasana dapurnya di pagi hari. Sebab, aktivitas mencari makanan secara tanpa sadar ini bisa menyebabkan dapur menjadi sangat berantakan.



 

Dilansir melalui Yahoo Health, pada beberapa kasus makan sambil tidur merupakan variasi dari masalah parasomnia berjalan sambil tidur. Harris menuturkan, “Biasanya orang-orang yang berjalan sambil tidur akan melakukan kegiatan rutinitasnya tanpa disadari. Namun, bisa jadi ini diakibatkan oleh pengonsumsian obat tidur, seperti Ambien dan Lunesta.”



 

Apabila Anda kehilangan nafsu makan di siang hari tapi berat badan terus bertambah, Anda bisa menyalahkan masalah ini. Dan Anda pun perlu mendapatkan perawatan dari ahlinya untuk karena berat badan berlebih berdampak negatif pada kesehatan dan sewaktu-waktu bisa jadi Anda menelan sesuatu yang berbahaya. (Sagar/DT/Dok. Yahoo)

 



Tags: parasomnia,   makan_sambil_tidur,   tidur,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020