Mother&Baby Indonesia
Efek Mengenakan High Heels

Efek Mengenakan High Heels

Cannes Film Festival 2015 yang baru saja diadakan sempat menuai kontroversi. Sebuah kabar menyebutkan sekelompok wanita dilarang mengikuti perheletan megah di Perancis tersebut oleh pihak panitia karena mereka menggunakan flat shoes. Padahal mereka memiliki masalah kesehatan sehingga tidak diperbolehkan menggunakan sepatu high heels.

 

Dilansir melalui Daily Mail, meski kabar ini masih belum jelas, sebab sebuah sumber mengatakan para wanita tersebut tidak diperbolehkan mengikuti acara akibat tidak mematuhi dress code, kebanyakan orang mungkin belum mengetahui bahwa selalu menggunakan high heels tidak baik untuk tubuh Anda.



 

Mengubah Cara Berjalan

Mengenakan high heels dengan rutin dalam jangka waktu panjang akan mengubah cara Anda berjalan dan berisiko mengalami masalah pada bagian tulang dan sendi. Ketika wanita menggunakan high heels,  secara otomatis berat badannya akan bertumpu di telapak kaki bagian depan. Perubahan ini dapat menimbulkan tekanan dan pembengkakan serta bisul, yang cukup membahayakan bagi penderita diabetes. Jika tidak segera ditangani, ini akan berdampak serius dan merusak saraf di bagian kaki, hingga berujung amputasi. Selain itu, jempol kaki berperan sangat besar dalam menyeimbangkan tubuh agar kita tidak jatuh. Saat mengenakan high heels, kerja jempol kaki pun semakin bertambah karena penekanan yang terjadi, sehingga penggunaannya berisiko lebih besar untuk jatuh.


Baca Juga: Moms, Ini Cara Mudah Atasi Cracked Heels

 



Meningkatkan Risiko Jatuh dan Keseleo

Selain jatuh dan keseleo di pergelangan kaki, high heels juga membuat perubahan pada bagian otot dan tendon di sendi kaki. Wanita yang selalu mengenakan high heels akan memperpendek otot betis, membuat tendon Achilles menjadi lebih kaku, dan mengurangi fleksibilitas pergelangan kaki. Akibatnya cara melangkahnya tidak akan efisien ketika mengenakan flat shoes, terutama saat sedang berolahraga.


Baca Juga: Solusi Wanita Masa Kini Atasi Kaki Pegal Akibat Heels

 

Sakit Punggung

Ketika berjalan, manusia akan menyeimbangkan dirinya dan menjaga agar tetap berpusat pada gravitasi sehingga tidak jatuh dan bisa terus melangkah. Jadi, sedikit perubahan posisi kaki tentu akan berdampak pada seluruh bagian tubuh. Efek yang lebih serius dari penggunaan high heels adalah pelengkungan punggung bagian bawah dan perubahan pergerakan panggul sehingga berpotensi menyebabkan punggung bekerja lebih berat dan menjadi sakit. Wanita pun akan merasakan kelelahan setelah mengenakan high heels seharian penuh. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: high heels,   sepatu wanita