Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan

5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Sejak dulu, para orangtua percaya teh berkhasiat meredakan beberapa gejala penyakit ringan. Ternyata, bukan hanya itu. Seorang ahli gizi, Patricia Bannan mencoba mengungkap 5 manfaat kesehatan yang terdapat dari secangkir teh. Berikut beberapa manfaat teh, seperti yang dilansir dari Fox News.

 

1. Merampingkan Perut
Studi menunjukkan antioksidan yang terkandung dalam ekstrak teh hijau dapat memicu penurunan berat badan dengan merangsang tubuh untuk membakar kalori dan menurunkan lemak tubuh, terutama di bagian perut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition juga menemukan bahwa, responden yang mengonsumsi teh hijau dengan tetap melakukan olahraga, mengalami pengurangan lemak di perut, sehingga bagian perut mereka jadi terlihat lebih ramping.



 

2. Pencegah Kanker
Penelitian menunjukkan polifenol yang ada dalam teh, terutama katekin, memiliki efek yang diduga relevan untuk pencegahan kanker. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau ini juga telah terbukti dapat mengaktifkan enzim detoksifikasi yang membantu melindungi tubuh terhadap pertumbuhan tumor. Sebuah studi dari Italia juga mengungkapkan, minum 3 cangkir teh hijau setiap hari terbukti mencegah kanker prostat pada pria yang memiliki sel-sel prakanker. Namun, karena studi tersebut tidak dapat disimpulkan, National Cancer Institute tidak merekomendasikan teh hijau sebagai pengobatan dari setiap jenis kanker.

 

3. Kesehatan Jantung
Menurut sebuah studi yang dilakukan di Belanda dan dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, wanita yang minum 1 sampai 2 cangkir sehari dapat menurunkan lebih dari 50 persen risiko terkena aterosklerosis berat, yaitu pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Bahkan, wanita yang minum lebih dari 5 cangkir teh sehari memiliki risiko terendah mengalami aterosklerosis. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan yang sama terjadi pada pria.
Sedangkan, studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Stroke mengungkap bahwa konsumsi jangka panjang teh hitam, teh hijau, teh oolong, atau teh putih dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 60 persen. Para peneliti juga menemukan banyak kandungan antioksidan yang ada dalam teh. Kandungan ini diduga berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.



 

4. Menjaga Kesehatan Otak
Penelitian menunjukkan polifenol dalam teh hijau dapat membantu mencegah neurotransmitter yang terlibat dalam fungsi otak. Hal ini juga dapat menghambat faktor risiko terjadinya pikun yang mengganggu kognisi. Secara umum, 1-2 cangkir teh hijau sehari dapat meningkatkan kemampuan belajar dan memori.

 

5. Meningkatkan Sistem Imun
Tidak seperti jenis teh lainnya, teh putih tidak mengandung tanin yang tinggi seperti yang ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau. Peneliti berpikir bahan kimia alami yang terkandung dalam teh putih dapat memberikan banyak manfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: kesehatan,   teh,   gigi,   ramping,   kanker,