Mother&Baby Indonesia
Si Kecil Kidal? Otak Kanannya Lebih Dominan

Si Kecil Kidal? Otak Kanannya Lebih Dominan

Otak manusia memiliki dua sisi, kiri dan kanan. Bagian kiri memproses hal-hal secara parsial dan bertahap, merupakan pusat bahasa, sains, matematika, dan logika. Bagian kiri ini biasanya lebih dominan, dan karena otak kiri mengontrol tubuh bagian kanan, kebanyakan orang memiliki tangan kanan yang dominan.

 

Sisi kanan otak memproduksi mimpi, fantasi, seni, musik, dan perasaan. Pada orang yang kidal, otak kanannya lebih dominan. Karena itulah ada kecenderungan untuk melihat orang kidal lebih perasa dan berbakat dalam seni daripada yang menggunakan tangan kanan.



 



Namun, kita tidak bisa menyebut bahwa balita yang kidal pasti lebih (atau hanya) berbakat dalam seni. Beberapa studi menunjukkan bahwa kemampuan orang yang kidal bisa seluas para pengguna tangan kanan. Dengan kata lain, perilaku manusia terlalu kompleks jika ingin digolongkan berdasarkan penggunaan tangan saja. Intelegensi, bakat, dan faktor lingkungan berhubungan dengan pola seseorang dalam penggunaan belahan otak Si Kecil. (FR/Sagar/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   kidal,   otak








Cover September 2019

Related Article