Mother&Baby Indonesia
Belajar Seru Dengan Flash Cards

Belajar Seru Dengan Flash Cards

Otak besar (cerebrum) manusia dibagi menjadi 2 sisi, yaitu kanan dan kiri. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusar Intelligence Quotient (IQ).

 

Sementara itu, otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ), misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis, dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.



 

Menurut Profesor Makoto Shichida, seorang peneliti sekaligus penasihat di Japan Mathematical Certification Association, sejak lahir hingga usia 3 tahun, otak kanan manusia bekerja dominan. Itulah mengapa selama periode ini, penting untuk merangsang kelima panca indra Si Kecil agar tumbuh dan berkembang.

 



Salah satu metode untuk melatih kemampuan otak kanan Si Kecil yaitu dengan menggunakan flash cards. Flash cards adalah sejumlah kartu berukuran besar yang bertuliskan kata-kata sederhana dan merupakan alat bantu belajar yang mudah. Manfaat dari flash card ialah memudahkan Si Kecil untuk meningkatkan kemampuan bahasa termasuk membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Flash cards sudah bisa diperlihatkan kepadanya sejak usia 6 bulan dan masih efektif hingga usia 7 tahun. (MD/Sagar/Dok. M&B)

 

Untuk mengetahui aktivitas seru menggunakan flash cards bersama Si Kecil, simak di majalah Mother&Baby edisi Mei 2015 ya, Moms!



Tags: bayi,   balita,   anak,   flash_card,   otak








Cover Maret 2020