Mother&Baby Indonesia
Dampak Positif Teknologi (3): Alat Pembelajaran

Dampak Positif Teknologi (3): Alat Pembelajaran

Tidak dapat dipungkiri, teknologi dan gadget merupakan alat belajar yang baik untuk Si Kecil. Selain itu, teknologi juga memberikan banyak keuntungan lain, yakni:

 

Alat Belajar yang Luar Biasa
Ketika usia Si Kecil sudah di atas 3 tahun dan ia sudah mulai mengenal warna, huruf, atau angka, Anda bisa menggunakan gadget untuk membuat saat belajarnya menjadi lebih menyenangkan. Berbagai aplikasi edukatif untuk anak memang dirancang dengan sangat menarik, baik dari segi warna dan gambar, agar Si Kecil tidak merasa bosan saat belajar. Melalui aplikasi khusus untuk Si Kecil, Anda juga bisa mengajarinya bernyanyi, mengenal profesi, mengenal berbagai jenis buah, dan sebagainya.



 

Mempelajari Kesalahan
Saat Si Kecil melakukan kesalahan, mungkin akan sangat sulit bagi Anda untuk menasihatinya agar tidak melakukan hal yang sama lagi jika hanya disampaikan melalui kata-kata. Untuk itu, gunakanlah video animasi mengenai tingkah laku anak untuk mengajarkan Si Kecil mengenai apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Ajak ia menyaksikan video itu bersama-sama dan beritahukan dampak buruk yang bisa ia alami jika tidak melakukan nasihat orangtua.

 



Menguasai Bahasa Asing
Anda ingin Si Kecil lebih cepat menguasai bahasa asing? Anda bisa menggunakan aplikasi pada gadget untuk mewujudkan hal itu. Ada banyak sekali aplikasi edukatif yang diciptakan agar ia mampu menguasai bahasa dari berbagai negara. Namun, Anda harus melakukannya secara cermat. Jika Si Kecil tidak tertarik terhadap aplikasi tersebut, jangan dipaksakan. Biarkan ketertarikannya tumbuh secara alami, agar ia pun bisa mempelajarinya dengan gembira.

 

Menghapuskan Jarak
Tidak dapat dipungkiri kalau keberadaan gadget mampu menghilangkan jarak antara Si Kecil dengan Anda. Jika berprofesi sebagai ibu bekerja, Anda bisa terus memantau kegiatannya melalui video call atau Skype. Dengan begitu, Si Kecil akan terus merasa dekat dengan Anda dan tahu bahwa ia bisa menghubungi Anda kapanpun dengan mudah. Tetapi, jangan lupa selalu sempatkan diri untuk melakukan komunikasi yang berkualitas dengan Si Kecil saat Anda berada di rumah, karena ia juga membutuhkan Anda secara nyata bukan maya. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: teknologi,   anak,   edukasi,   games_edukasi










Cover April 2020