Mother&Baby Indonesia
Dampak Positif Teknologi (2): Memudahkan Komunikasi

Dampak Positif Teknologi (2): Memudahkan Komunikasi

Teknologi dan Si Kecil saat ini seperti tidak bisa dipisahkan. Apalagi, semakin banyak aplikasi edukatif yang diciptakan dan dikatakan dapat memberi efek positif baginya, seperti:

 



Memudahkan Komunikasi
Teknologi dapat memudahkan orangtua dalam berkomunikasi dengan Si Kecil, khususnya saat harus membahas topik-topik yang cukup berat. Misalnya, mengenai dampak buruk perkelahian atau bagaimana  memberikan pendidikan seks kepada balita. Orangtua juga dapat menggunakan teknologi website atau video, untuk memberikan visual menarik ketika ingin mengajarkan sesuatu kepada Si Kecil. Dengan adanya visual, ia pun akan lebih mudah memahami apa yang Anda katakan.

 



Lebih Terorganisir
Gadget, seperti smartphone, tablet, atau laptop ternyata bisa menjadi alat yang sangat baik untuk mengajarkan Si Kecil akan pentingnya melakukan sesuatu secara terorganisir. Contohnya, Anda bisa mengajarinya membuat folder untuk menyimpan berbagai permainan edukatif yang disukai. Dengan begitu, ia akan lebih mudah mencari aplikasi tersebut jika ingin memainkannya kembali. Si Kecil pun akan terdorong untuk melakukan hal yang sama di kehidupan nyata, seperti terbiasa meletakkan tas sekolah dan mainan pada tempatnya.

 

Mengenalkan pada Dunia
Dengan adanya internet, Anda bisa mengajak Si Kecil ke berbagai tempat menakjubkan, seperti menyaksikan keindahan bawah laut yang dipenuhi ikan warna-warni, bermain di pantai yang dipenuhi pasir putih, atau menikmati matahari terbit dari balik gunung. Anda pun dapat mewujudkan impiannya untuk berkunjung ke negara asal tokoh-tokoh favoritnya, seperti Spiderman, Princess Belle, dan sebagainya. Ingat! Jangan biarkan Si Kecil bermain internet sendirian, selalu dampingi ia saat menggunakannya.
 

Mendekatkan Satu Sama Lain
Ya! Teknologi bisa menjadi alat untuk meningkatkan bonding Anda dengan Si Kecil. Saat mendampinginya bermain gadget misalnya, Anda dapat membantunya memecahkan tantangan dari permainan yang dihadapinya. Anda juga bisa mengajak Si Kecil menonton film favorit bersama sambil menikmati popcorn di atas sofa yang empuk. Jangan ragu untuk sesekali mengajukan pertanyaan pada Si Kecil mengenai film tersebut untuk membangun perbincangan hangat di antara Anda berdua. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)
 



Tags: teknologi,   anak,   edukasi,   games_edukasi