Mother&Baby Indonesia
Prebiotics atau Probiotics, Ya?

Prebiotics atau Probiotics, Ya?

Saat membeli makanan atau minuman bayi, kadang tertera kandungan probiotics dan prebiotics dalam kemasan luar produk. Tak sedikit orangtua yang bingung tentang manfaat dari kedua zat tersebut bagi tubuh Si Kecil. Jadi, mana yang paling baik untuk bayi? Berikut adalah penjelasan dari Emilia E. Achmadi MS., RD, clinical dietitian.

 

Probiotics adalah mikroorganisme positif atau bakteri menguntungkan yang sengaja ditambahkan di semua jenis susu asam, yogurt dan keju olahan. Probiotics yang umum digunakan masuk ke dalam famili Lactobacillis dan Bifidobacterium. Probiotics sangat baik untuk dikonsumsi karena sangat baik untuk pencernaan terutama untuk usus.



 



Sedangkan prebiotics adalah bentuk makanan yang tidak dapat dicerna namun dapat menyelusuri sistem pencernaan yang menunjang pertumbuhan mikroorganisme positif (probiotics) dengan baik dalam sistem pencernaan. Apabila ditanya, yang mana yang terbaik, jawabannya adalah keduanya. Prebiotics diperlukan untuk membuat Probiotics dapat tumbuh dengan subur. (M&B)



Tags: bayi,   anak,   makanan,   prebiotics,   probiotics,   dokter_anak










Cover April 2020