Mother&Baby Indonesia
Bayi Menyelamatkan Nyawa Sang Kakak

Bayi Menyelamatkan Nyawa Sang Kakak

Saat berusia 10 bulan, Jacob Davis memberikan hadiah yang tak ternilai untuk kakak perempuannya, yaitu kehidupan. Ia mendonorkan sumsum tulang belakangnya kepada Seren Rose yang didiagnosis mengidap penyakit langka mucopolysacchardosis (MPS). Orangtua mereka, Elouise dan Simon Davis, sudah hampir putus asa melihat perkembangan Seren terhambat sehingga kondisinya lambat-laun memburuk. Mereka pun diberitahu satu-satunya harapan untuk bisa menyelamatkan putri mereka adalah melalui transplantasi sumsum tulang belakang.

 

Tak diduga-duga, sumsum tulang belakang Jacob cocok dengan kakaknya. “Saya sangat bangga pada Jacob dan tidak sabar menanti hari ketika Seren mengerti apa yang telah Jacob lakukan. Walaupun ini berisiko, tapi tanpa transplantasi Seren akan meninggal,” ujar Eloise, 26, asal Colchester, Essex.



 

Seren-Rose, 2, terserang penyakit MPS pada Desember 2013. Tubuhnya kesulitan memproduksi beberapa enzim sehingga memengaruhi perkembangan tubuhnya, termasuk fungsi otak dan penglihatan. Eloise berucap, “Saya dan suami saya mengecek apakah kami dapat menjadi pendonor bagi Seren, namun tidak cocok. Saat kami melakukan tes pada Jacob di usia 6 bulan, ia dinyatakan cocok dan bisa mendonor. Kami sangat terkejut. Ini sebuah keajaiban!”



 

Elouise dan Simon Davis terlebih dahulu mencari informasi risiko apa saja yang bisa menyerang Jacob demi keselamatannya. Tetapi karena risikonya sangat kecil, operasi akhirnya dilakukan ketika Jacob menginjak usia 8 bulan. Transplantasi berjalan lancar dan proses pemulihan Seren berjalan dengan baik. “Saya bangga terhadap mereka berdua,” tutup Sang Ibu. (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)



Tags: bayi,   kesehatan








Cover Maret 2020