Mother&Baby Indonesia
Ibu Melahirkan di Usia 65 Tahun

Ibu Melahirkan di Usia 65 Tahun

Pernahkah Anda bayangkan hamil di usia 60 tahun? Jerman Annegret Raunigk, mendapat predikat sebagai 'ibu hamil tertua' yang melahirkan bayi kembar 4 di usia 65 tahun. Bukan hanya itu, Raunigk yang juga merupakan guru Bahasa Inggris dan Bahasa Rusia di sebuah sekolah ini ternyata sudah memiliki 13 anak. Kisahnya yang luar biasa itu sempat ditampilkan dalam sebuah film dokumenter di TV lokal setempat.

 

Kehamilan terakhirnya adalah hasil dari inseminasi buatan dengan menggunakan sumbangan sperma dan telur. Ketika usia kehamilannya 21 minggu, ia tak menyangka hasil USG menunjukkan ia mengandung bayi kembar empat.



 

Mengetahui hal itu, ahli kandungan sempat menyarankannya untuk melakukan 'pengurangan selektif', di mana memungkinkan satu atau beberapa janin pada kehamilan kembar untuk digugurkan. Namun, ia menolaknya. Raunigk memutuskan untuk tetap memiliki bayi karena ia merasa masih cukup sehat dan mampu merawat mereka. “Saya berpikir tidak akan ada masalah,” lanjut wanita asal Berlin itu, seperti dikutip dari Daily Mail.

 

Sebelumnya, Raunigk sempat menjadi topik perbincangan utama di Jerman ketika ia melahirkan putrinya, Leila saat usia 55 tahun. Ia mengatakan pada media Jerman bahwa ia tidak mengkhawatirkan tentang masa depan anak-anaknya yang masih kecil, karena ia yakin bahwa ia akan tetap sehat hingga anak-anaknya tumbuh dewasa.



 

Ketiga belas anaknya merupakan hasil benihnya dengan 5 pria yang berbeda. Anaknya yang tertua saat ini berusia 44 tahun, dan Raunigk saat ini sudah memiliki 7 orang cucu. Ia sangat meyakini keputusannya untuk hamil di usia senja. “Ini keputusan saya, dan tidak perlu terlalu banyak mendengarkan pendapat orang lain,”.

 

Selain Raunigk, wanita yang melahirkan di usia tua lainnya adalah Merryl Fudel, yang melahirkan di usia 55 tahun. Omkari Panwar, seorang wanita asal India juga disebut pernah melahirkan di usia 70 tahun. (Aulia/DT/dok.Daily Mail)



Tags: ibu,   melahirkan,   hamil,   bayi,   anak,