Mother&Baby Indonesia
Masalah Seks saat Hamil (2)

Masalah Seks saat Hamil (2)

Dalam artikel sebelumnya, M&B membahas tentang dilema yang dialami ibu hamil saat akan melakukan hubungan intim dengan sang suami. Ternyata masih ada banyak pertanyaan lain yang berkecamuk dalam benak para ibu hamil seputar kegiatan seks, seperti berikut.

 



1. Apakah bayi tahu apa yang sedang saya lakukan?
Beberapa bumil bahkan mengkhawatirkan tentang apakah Si Calon Bayi menyadari apa yang sedang dilakukannya di dunia luar, termasuk hubungan seks. Kekhawatiran ini bahkan membuat beberapa ibu merasa bersalah karena melakukan seks ketika sedang mengandung bayi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa seks selama kehamilan sebenarnya normal dan wajar, agar dilakukan dengan cara sehat dan hati-hati.

 

2. Kenapa bayi bergerak saat saya bercinta?
Menurut Petra Boynton, pakar seks M&B UK, bayi akan merasakan gerakan dan mendengar suara desahan Anda saat melakukan hubungan seksual, tetapi dia tidak akan memiliki respons emosional untuk hal ini. Beberapa bayi memang bergerak selama orangtua mereka melakukan hubungan seks, tetapi itu normal dan Anda tidak perlu merasa bersalah. Namun, setelah orgasme, Anda mungkin akan merasakan bayi Anda tidak bergerak untuk sementara waktu. Ini mungkin terjadi karena kontraksi dalam rahim yang disebabkan oleh orgasme Anda. Hindari penetrasi yang terlalu dalam.



 

3. Normalkah jika hasrat seks begitu memuncak?
Menurut para ilmuwan, bayi laki-laki menghasilkan lebih banyak androgen, yaitu hormon seks yang meningkatkan libido Anda. Jadi, jika libido Anda begitu memuncak saat hamil, bisa jadi bayi yang Anda kandung berjenis kelamin laki-laki.

 

4. Saya tidak bergairah
Saat hamil, ada wanita yang mengalami hasrat seksual yang tinggi dan ada pula yang rendah. Bila Anda mengalami penurunan hasrat seksual, pengaruh faktor psikologi merupakan salah satu penyebab utama. Ini biasanya sering terjadi di trimester awal kehamilan. Anda akan merasa mudah lelah dan tersinggung, atau mual karena morning sickness. Namun, saat trimester kedua berlangsung, hal tersebut akan perlahan menghilang. Kunci utama dalam menjaga kemesraan Anda dan pasangan di ranjang adalah dengan mencoba trik-trik peningkat libido. Selain itu, komunikasi yang baik dengan pasangan juga diperlukan untuk menjaga kehidupan seksual Anda tetap menyenangkan. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Masalah Seks saat Hamil (1)



Tags: ibu,   seks,   hamil,   kehamilan,   masalah,