Mother&Baby Indonesia
7 Hal Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Sebelum Melahirkan

7 Hal Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Sebelum Melahirkan

Agar kehamilan terasa menyenangkan dan tidak membuat stres, Anda bisa menyenangkan diri sendiri hingga due date nanti. M&B punya beberapa ide yang dapat Anda tiru agar Anda selalu ceria, Moms!

 

1. Ikut kelas melahirkan. Di kelas prenatal, Anda akan belajar teknik relaksasi dan pernapasan. Ini sangat penting untuk membantu Anda saat proses kehamilan. Serunya, Anda bisa mendapatkan teman-teman baru, saling berbagi, dan bertanya seputar kehamilan dan juga proses melahirkan.
2. Menonton di bioskop. Sebelum Si Kecil lahir, jangan lewatkan kesempatan untuk menonton film di gedung bioskop yang punya atmosfer beda dibanding di rumah. Ingat, saat Si Kecil lahir Anda akan sulit pergi ke bioskop. Ajak suami untuk menonton agar lebih menyenangkan!
3. Belajar tentang menyusui. Jangan pikir bahwa saat lahir, Si Kecil akan langsung menempel pada payudara Anda dan langsung menyusu. Menyusui adalah proses dan terkadang ibu baru mengalami kesulitan. Karena itu, belajarlah mulai dari sekarang, bertanyalah kepada teman atau orang-orang yang lebih berpengalaman agar Anda tidak kaget begitu Si Kecil lahir nanti.
4. Belanja stok makanan & simpan nomor pesan antar. Sebelum due date, ada baiknya Anda membeli stok makanan untuk dimakan di rumah. Saat Si Kecil sudah lahir, tentu Anda sulit keluar rumah karena itu sebaiknya membeli makanan beku lalu masukan ke dalam kulkas atau freezer. Belilah makanan yang menggugah selera seperti lasagna, macaroni, dan lainnya. Jika Anda tak mau repot, kumpulkanlah nomor-nomor rumah makan di dekat rumah Anda agar saat ingin makan, Anda bisa langsung telepon dan minta diantarkan lewat layanan pesan antar.
5. Buat playlist. Musik adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stres. Buatlah playlist lagu-lagu kesukaan Anda dan saat Anda merasa penat, pasanglah lagu tersebut. Anda juga bisa menanyakan pada dokter atau bidan yang menemani Anda saat melahirkan, apakah boleh memasang lagu. Jika boleh, pasanglah playlist tersebut saat Anda melahirkan untuk meredam rasa panik Anda.
6. Persiapkan tas. Mendekati due date, Anda bisa mengepak barang-barang penting Anda untuk di rumah sakit nanti. Pastikan barang-barang penting masuk di tas dan ingatkan suami untuk membawanya saat Anda melahirkan dan menuju rumah sakit nanti.
7. Simpan nomor darurat. Kita tak tahu apakah Si Kecil akan lahir lebih cepat atau lebih lambat dari perkiraan. Karena itu, mulai sekarang kumpulkan nomor-nomor penting yang dapat Anda hubungi dalam keadaan “darurat”. Simpan nomor kantor suami, dokter, orangtua, keluarga, dan kerabat dekat Anda.
 





(Natasha/DT/dok.MBUK)



Tags: melahirkan,   due_date,   persiapan_melahirkan,   hamil








Cover Maret 2020