Mother&Baby Indonesia
Kenapa Ibu Hamil Mudah Lupa?

Kenapa Ibu Hamil Mudah Lupa?

Pernahkah Anda masuk ke dapur, setelah berkeliling Anda kebingungan dan bertanya-tanya apa yang Anda cari. Setelah berputar-putar, Anda tidak juga mengingat apa yang Anda cari dan kejadian ini bisa terjadi berulang-ulang.

 

Jangan khawatir! Tidak ada yang salah dengan Anda. Ternyata, bukan tubuh Anda saja yang berubah ketika hamil, otak pun mengalami berbagai perubahan, yang dikenal dengan sindrom baby brain.



 

Baby brain biasanya dirasakan oleh ibu hamil, gejalanya adalah lupa dan kesulitan berkonsentrasi. Namun, masih banyak orang yang beranggapan bahwa baby brain hanya sekadar mitos dan sugesti.

 

Menurut Jane Martin, MD, dari Neuropsychological Testing and Evaluation Center, New York's Mount Sinai Medical Center, baby brain memang ada. Hal ini terjadi karena beragam ketidaknyamanan yang dirasakan ibu hamil, seperti morning sickness, perubahan hormon, dan susah tidur, terkadang membuat ibu kurang tidur dan istirahat, sehingga kesulitan berkonsentrasi.



 

Senada dengan dr. Agus Surur As'adi, Sp.OG, yang mengatakan bahwa di awal kehamilan banyak perubahan yang dirasakan ibu hamil dan ini memengaruhi konsentrasinya. Selain itu, seorang ilmuwan dari Universitas London juga mengatakan bahwa ketika hamil, Anda lebih banyak menggunakan otak kanan yang berhubungan dengan emosi dan membuat Anda lebih sensitif.

 

Baca artikel lengkapnya tentang Baby Brain di majalah Mother&Baby edisi April 2015 ya, Moms! (SA/Aulia/dok.M&B)
 



Tags: hamil,   ibu,   kehamilan,   baby_brain,   hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020