Mother&Baby Indonesia
Saat Berat Beban Kehamilan Semakin Besar

Saat Berat Beban Kehamilan Semakin Besar

Menjalani kehamilan memang tidak mudah. Selain kondisi kesehatan menjadi lebih rentan, membawa beban berat tubuh yang bertambah karena adanya bayi di perut juga tentu menyulitkan. Hal ini kerap dialami calon ibu, hingga membuat aktivitas mereka terganggu, seperti sulit berjalan, tidak bisa berdiri dalam waktu lama, hingga sulit bangun dari duduk. Biasanya hal ini dialami pada trimester akhir, atau menuju hari persalinan.

 



“Banyak wanita yang mengalami ini saat hamil karena beban perut mereka yang kian membesar. Hal ini membuat mereka menyerah dan jadi kurang bergerak. Tapi itu adalah fase sementara, sehingga Anda perlu bersabar. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang sekitar jika Anda kesulitan, dan lebih peka terhadap tubuh Anda,” ungkap spesialis kebidanan dan persiapan kelahiran asal Inggris, Jenny Gough.

 

Dikutip dari M&B UK, Jenny menyarankan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu Anda dengan kehamilan besar, seperti berikut.

 

1. Cobalah olahraga ringan saat terduduk. Anda juga direkomendasikan mencoba yoga kehamilan. Hal ini akan memperkuat otot inti Anda dan membantu Anda bergerak bangun dari duduk ke berdiri.



 

2. Beritahu bidan atau dokter jika Anda merasakan sakit punggung yang membuat Anda sulit bergerak. Anda juga bisa meminta untuk dirujuk ke ahli fisioterapis.

 

3. Calon ibu juga bisa mencoba pijat kehamilan untuk membantu meringankan stres saat membawa beban perut yang sangat besar saat hamil.

 

4. Berbaring menghadap sisi kiri. Ini adalah posisi yang baik bagi bayi Anda karena akan memberikan lebih banyak ruang baginya, dibanding ketika Anda berbaring menghadap ke sisi kanan.

 

5. Lebih sering menggunakan birth ball atau bola persalinan untuk duduk, dalam beberapa minggu terakhir sebelum melahirkan. Bola persalinan adalah bola berukuran besar, seperti yang sering digunakan untuk terapi fisik dan senam. Bola ini juga menjadi salah satu alat yang membantu sang calon ibu merasa lebih nyaman dan membantu ibu merelaksasikan anggota gerak dan perineum. Bola ini membantu calon ibu mencari posisi dan pergerakan yang nyaman saat persalinan. Bola persalinan juga dapat membantu ibu agar lebih mudah untuk bangun dari posisi duduk.

 

6. Ketika hari persalinan semakin dekat, berat beban akan terasa bertambah. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang-orang di sekitar Anda saat mengalami kesulitan. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: kehamilan,   ibu,   persalinan,   hamil,   berat_badan,