Mother&Baby Indonesia
Menghadapi Kebiasaan Buruk Balita

Menghadapi Kebiasaan Buruk Balita

Dijawab oleh dr. Widodo Judarwanto, SpA, dari RS. Bunda

 

T: Balita laki-laki saya yang berusia 2 tahun suka sekali menendang dan menggigit kalau sedang marah. Anehnya perilaku agresif itu hanya terjadi di rumah saja, sedangkan di sekolah ia anak yang sangat baik. Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana cara menghadapinya?



 

J: Kenyataan bahwa putra Anda tidak berperilaku agresif di sekolah merupakan sebuah pertanda baik. Ia tahu perilaku apa yang diharapkan di sekolah dan bisa mengikuti aturan tersebut. Namun, ia perlu aturan yang jelas dari Anda tentang perilaku apa yang bisa dan tidak bisa diterima di rumah.

 



Bila Si Kecil menendang dan menggigit Anda, jongkoklah di hadapannya agar pandangan mata Anda satu level dengannya. Lihat langsung ke matanya, katakan dengan tegas ia tidak boleh melakukan tindakan itu dan tinggalkan ia sendiri. Dengan begitu Anda telah menunjukkan bahwa bila Si Kecil melakukan tindakan yang tidak pantas, maka ia akan kehilangan perhatian Anda.

 

Jangan lupa untuk memberi pujian dan penghargaan jika Si Kecil berperilaku baik, agar ia menyadari perbuatan yang Anda harapkan darinya. Selain itu, pastikan Anda selalu melakukan interaksi positif dengannya, seperti bermain bersama dan melakukan kegiatan apapun yang menyenangkan. Ia akan merasakan betapa banyak perhatian yang Anda berikan padanya bila berperilaku baik. Selanjutnya, ia pun akan terpacu untuk terus menjadi anak baik. (Aulia/Dok.M&B)



Tags: balita,   agresif,   perilaku,   marah,   menggigit,   psikologi








Cover Maret 2020