Mother&Baby Indonesia
Bayi Usia 7 Bulan Belum Bisa Duduk

Bayi Usia 7 Bulan Belum Bisa Duduk

Dijawab oleh:  dr. Widodo Judarwanto, SpA, dari RS. Bunda

 

T: Bayi saya sudah berusia 7 bulan, tetapi ia belum bisa duduk tanpa ganjalan di belakangnya. Padahal, putra teman saya yang seusia dengannya sudah bisa merangkak. Apakah ini berarti perkembangan putri saya bermasalah?



 

J: Setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Coba perhatikan apa yang bisa dilakukan putri Anda. Saya yakin Anda akan menemukan perkembangan yang dimilikinya dan lebih maju dibandingkan anak teman Anda. Hal itu berarti perkembangannya tidak terhambat hanya karena ia perlu ganjalan untuk duduk.



Untuk menstimulasi kemampuan duduk putri Anda, ajak ia untuk melakukan permainan gerak bebas, seperti bergulingan di lantai. Anda juga bisa menjadwalkan waktu khusus bagi Si Kecil untuk bermain di atas karpet dengan beberapa mainannya. Aktivitas ini akan mendukung perkembangan ototnya, sehingga bila ia sudah siap, ia akan bisa duduk tanpa bantuan.

Pada usia 12 bulan, perkembangan bayi Anda biasanya akan mendapat review dari dokter ketika Anda melakukan pemeriksaan rutin. Jika Anda masih khawatir dengan perkembangannya, diskusikan lah hal tersebut dengan dokter. (Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   duduk,   tumbuh-kembang










Cover April 2020