Mother&Baby Indonesia
Penanganan Perdarahan Luar Pada Anak Hemofilia

Penanganan Perdarahan Luar Pada Anak Hemofilia

Apabila anak Anda menderita hemofilia, Anda dapat mencegah masalah serius dengan cara meningkatkan perilaku hidup sehat. Meski begitu, kejadian seperti jatuh atau terbentur terkadang tidak terelakkan sehingga menyebabkan perdarahan luar. Jika hal tersebut terjadi, tindakan pertama yang harus Anda lakukan yaitu memberikan pengobatan secepatnya.

 

Jangan lupa untuk selalu menyimpan kotak P3K di sekolah, rumah, dan di mobil. Selain itu, pastikan dokter yang Anda kunjungi tahu bagaimana menangani anak dengan hemofilia. Untuk luka gores kecil, segera cuci luka dengan air bersih lalu tekan dengan kasa, perban, atau kain bersih. Bila perdarahan tidak berhenti, Si Kecil mungkin membutuhkan penanganan dari tim medis.



 

Dilansir dari sumber KidsHealth, jika luka Si Kecil cukup parah dan Anda tidak bisa membawanya ke rumah sakit, minta pertolongan orang lain atau telepon ambulans, lalu lakukan hal berikut :
1 Cuci luka dengan air bersih dan tekan dengan kasa, perban, atau kain bersih.
2 Apabila darah terus membasahi perban, ganti dengan perban yang baru.
3 Tinggikan bagian tubuh yang terluka untuk mengurangi perdarahan.
4 Saat perdarahan berhenti, tutupi luka dengan perban yang baru.



 

Banyaknya darah yang keluar akan berbeda-beda pada setiap bagian tubuh. Karenanya, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar Anda tahu apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana penangannya bila Si Kecil terluka. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   balita,   anak,   hemofilia,   memar,   luka,   perdarahan_luar