Mother&Baby Indonesia
Persiapan Finansial Menyambut Si Kecil

Persiapan Finansial Menyambut Si Kecil

Jika Anda berencana memiliki anak atau menambah momongan, berarti Anda harus mempersiapkan anggaran untuk menyambut kehadirannya. Persiapan itu dimulai dari masa kehamilan hingga ia berusia minimal 3 tahun. Dengan begitu, perencanaan keuangan keluarga dan pengelolaannya pun lebih mudah. Inilah yang harus Anda lakukan seperti dikutip dari buku Make it Happen! yang ditulis Prita Hapsari Ghozie.

 

Kebutuhan Dasar=Prioritas
Antusiasme menanti kehadiran Si Kecil terkadang membuat calon orangtua lupa menggunakan uang secara bijak. Segala model pakaian, perlengkapan, hingga mainan bayi terasa ingin dijadikan koleksi. Padahal banyak hal yang lebih penting dari semua itu, di antaranya cek kesehatan selama hamil, biaya berobat jika ada penyakit terdeteksi, dan melakukan USG kehamilan. Semua itu merupakan kebutuhan dasar yang harus dijadikan prioritas.



 

Beli atau Sewa
Beberapa perlengkapan bayi, seperti boks, stroller, baby gym, dan baby bouncer hanya digunakan hingga usia tertentu. Padahal, harga barang-barang tersebut cukup mahal. Karenanya jika Anda mampu membeli, pilihlah yang kualitasnya bagus agar bisa dipakai untuk anak berikutnya. Atau, Anda bisa menyewa barang-barang tersebut dengan harga cukup terjangkau di situs penyewaan perlengkapan bayi terpercaya.

 



Pahami Benefit Perusahaan
Jika Anda bekerja, pahamilah kebijakan perusahaan yang diberikan untuk wanita yang sedang hamil. Begitu pula dengan peraturan yang diberikan perusahaan pasangan Anda. Misalnya, apakah kantor Anda mengganti 100 persen biaya persalinan. Atau, apakah perusahaan pasangan Anda menanggung 100 persen biaya persalinan dan dapat mengganti sisa limit yang mungkin tidak diganti kantor Anda, dan sebagainya.

 

Jasa Perawatan Anak
Apabila Anda dan pasangan sama-sama bekerja, Anda tentu membutuhkan bantuan seorang perawat. Anda bisa menggunakan jasa babysitter atau melatih asisten rumah tangga untuk mengurus Si Kecil. Biasanya, biaya jasa babysitter yang merawat bayi akan lebih murah dibanding balita. Hal ini pun harus menjadi pertimbangan Anda saat ingin menggunakan jasanya. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: finansial,   keuangan_keluarga,   tip_keuangan