Mother&Baby Indonesia
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menyusui

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menyusui

Saat menyusui, asupan yang Anda konsumsi akan menjadi asupan Si Kecil juga. Karena itu, kita harus memperhatikan juga asupan agar anak tetap sehat dan nutrisinya terpenuhi. Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat menyusui, Moms:

 

Ikan
Anda tak perlu seratus persen menghindari makan ikan, namun US Food and Drug Administration (UFDA) menyarankan agar ibu menyusui membatasi asupan ikan karena merkuri tinggi yang terkandung di dalamnya. Merkuri mengandung neurotoxin yang dapat mempengaruhi kinerja otak Si Kecil. Jika Anda penggemar ikan, UFDA menyarankan agar Anda mengonsumsi tidak lebih dari 6-12 ons ikan setiap minggunya.



 

Kafein
Menjaga Si Kecil hingga malam memang terkadang membuat lelah dan kopi atau kafein adalah jawaban terbaik untuk mengobati rasa lelah. Namun, jika Anda mengonsumsi banyak kafein, kafein tersebut akan masuk ke aliran darah Anda dan masuk juga ke ASI. Karena itu, batasilah asupan kafein. Jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, Si Kecil akan terkena efeknya seperti sering gelisah dan cenderung sulit tidur.

 

Peppermint
Menyesap peppermint tea saat sedang penat memang menyegarkan. Namun, jika Anda mengonsumsi peppermint dalam jumlah banyak, produksi ASI Anda akan terhambat. UFDA mengatakan bahwa peppermint biasanya digunakan sebagai obat herbal bagi ibu yang sudah siap berhenti memberi ASI dan ingin mengurangi jumlah ASI mereka. Jadi, jangan terlalu sering mengonsumsi peppermint jika masih menyusui ya, Moms!



 

Lada atau Makanan Pedas
Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, itu akan memengaruhi ASI yang keluar. Si Kecil akan merasakan susu yang kurang enak dan kurang sedap. Karena itu, sebisa mungkin hindari makanan yang memiliki rasa “kuat” seperti lada, bubuk cabai, bawang putih, dan makanan pedas lainnya.

 

Vitamin C
Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C berpengaruh pada ruam popok ringan yang dialami bayi. Kurangi asupan buah-buahan yang kaya akan Vitamin C seperti jeruk dan anggur. Anda tak perlu mengurangi asupan vitamin C seratus persen, namun perhatikanlah bagaimana reaksi Si Kecil saat menyusui ketika Anda habis makan jeruk atau makanan yang mengandung Vitamin C lainnya. Jika ia gatal atau ruam popok, berarti Anda harus sedikit mengurangi asupan tersebut. (Tasya/dok.freedigitalphotos)



Tags: nutrisi,   menyusui,   ibu,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020