Mother&Baby Indonesia
Tanda-tanda Anda Mengalami Stres

Tanda-tanda Anda Mengalami Stres

Apakah Anda menemukan titik-titik putih di kuku atau gusi Anda berdarah? Kedua hal tersebut merupakan beberapa gejala bahwa Anda sedang mengalami stres lho, Moms! Charlotte Watts, seorang nutrisionis sekaligus pengarang buku The De-Stress Effect, mengemukakan bahwa stres dapat menguras nutrisi di dalam tubuh Anda.

 

“Periode dari stres menggunakan seluruh nutrisi dengan lebih cepat. Ini disebabkan semua sistem, termasuk energi, respons otak, hormon, dan imunitas, bekerja lebih banyak dan lebih cepat,” ujar Watts. Dilansir melalui Daily Mail, ia pun mengungkapkan beberapa gejala yang diasosiasikan dengan defisiensi vitamin atau mineral yang merupakan gejala Anda mengalami stres kronis.



 

Sariawan
Penyebab dari sariawan adalah kurangnya vitamin B6 dalam tubuh Anda. Vitamin B sangat penting bagi sistem saraf pada tubuh dan dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Dan kita akan menggunakan ini sangat banyak saat sedang merespons stres. Vitamin B6 juga digunakan selama penggunaan obat-obatan anti-depresi.

 

Gigi Gemeretak
Stres jangka panjang umumnya diketahui dengan gejala sering menekan rahang dan gigi bergeretak, sehingga otot di sekitar wajah Anda menegang. Biasanya tindakan ini dilakukan saat seseorang sedang emosi dan menekan amarahnya, namun hal tersebut juga bisa diasosiasikan dengan kurangnya kadar vitamin B5 dalam tubuh Anda. B5 sering dihubungkan sebagai vitamin anti-stres, sebab berguna membantu memproduksi hormon adrenalin, kolesterol, dan imunitas tubuh. Semuanya akan diproduksi lebih banyak ketika merespons stres yang dialami.

 



Titik Putih di Kuku
Meski titik-titik putih di kuku sering diasumsikan dengan kekurangan kalsium, ini juga bisa diindikasikan bahwa Anda kekurangan mineral. Mineral zinc amat penting bagi berbagai sistem enzim pada tubuh, yaitu sebagai imunitas dan memproduksi hormon, seperti hormon sex dan insulin. Saat sedang stres, pada kuku akan muncul titik putih pula.

 

Sembelit dan Diare
Kadar magnesium akan berkurang sangat banyak saat sedang menghadapi stres. Dan jika magnesium dalam tubuh hanya sedikit, akibatnya Anda akan mengalami sembelit dan diare.

 

Gusi Berdarah
Vitamin C merupakan antioksidan dan dapat membantu produksi hormon anti-stres, produksi kolagen, serta protein dari sistem imun. Karenanya, saat stres seluruh cadangan vitamin C dalam tubuh akan terpakai sehingga menyebabkan tubuh kita mengalami defisiensi vitamin ini. Jika kekurangan, gusi Anda pun akan mudah memar dan berdarah ketika menyikat gigi. Selain itu, gejala lain adalah Anda lebih mudah terserang infeksi atau flu serta sulit sembuh dari berbagai penyakit. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: stres,   gejala,   gusi,   sariawan,   sembelit,   diare,   gigi










Cover Mei-Juni-Juli 2020