Mother&Baby Indonesia
Kondisi Rumah Pengaruhi Kesehatan Anda

Kondisi Rumah Pengaruhi Kesehatan Anda

Umumnya para ahli akan menyarankan Anda untuk menjaga pola hidup agar selalu sehat. Namun, penelitian terbaru menyebutkan kondisi rumah yang Anda huni juga dapat berdampak pada kesehatan, lho! Misalnya yaitu pencahayaan di dalam rumah. Menghidupkan lampu pada malam hari ternyata disebut-sebut mampu membingungkan siklus tidur dan terjaga, yang berhubungan pada beberapa masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker. Dilansir melalui Daily Mail, inilah beberapa hal seputar rumah yang dapat berdampak pada kesehatan!

 

Cat Dinding

Jika dinding rumah Anda dicat dengan warna oranye atau merah, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, berdasarkan laporan dari NHS yang mengurusi desain lampu dan rumah sakit mengungkapkan warna-warna tersebut dapat meningkatkan stres dan kecemasan, bahkan membuat kulit Anda merasa gatal-gatal.



Selain itu, Brian Wansink, spesialis pola makan dari Cornell University, AS, warna-warna yang cerah juga dapat menstimulasi otak untuk makan lebih cepat. Begitu pun bagian dapur yang dicat dengan warna putih. Untuk kamar tidur, cat berwarna biru merupakan pilihan yang terbaik. Survei dari Littlewoods menemukan seseorang yang tidur di dalam kamar tidur bercat biru akan melakukan hubungan intim lebih sering ketimbang kamar tidur bercat beige atau abu-abu. Cat biru pun membuat seseorang tidur lebih lama.


Baca Juga: 6 Cara Mencegah Demam Berdarah di Lingkungan Rumah

 

Ruang TV

Saat ini banyak pasangan, terutama yang sudah memiliki anak, memilih televisi dalam ukuran besar. Jika iya, perhatikan dengan seksama letak sofa yang digunakan untuk Anda duduk selama menonton televisi. Sebab, apabila Anda dan keluarga duduk terlalu dekat, tentunya akan merusak mata dan menyebabkan sakit kepala. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kondisi pencahayaan di ruang tv. Penelitian dari Rensselaer Polytechnic Institute, New York, AS, menjelaskan mata akan tegang dan mudah lelah jika menonton TV di ruangan yang gelap.

 

Lingkungan di Sekitar Rumah Berisik

Polusi suara di sekitar rumah, contohnya suara jalanan, suara pesawat, atau tetangga yang selalu berisik, berhubungan dengan meningkatnya tekanan darah. Studi dari Imperial College (2008) menjabarkan bunyi suara lebih dari 35 desibel atau setara dengan suara kendaraan yang lewat mampu menaikkan tekanan darah seseorang, meskipun ia sedang tertidur. Dan ini akan semakin parah jika bunyi tersebut membuat Anda cemas.




Baca Juga: Perhatikan Ini saat Beres-Beres Rumah ketika Hamil  


Banyak Pohon Rindang

Ternyata, semakin banyak pohon di sekitar rumah Anda, semakin rendah pula risiko Anda mengalami depresi. “Memang tidak ada bukti yang spesifik bila pohon dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Namun, di masa lalu, kami mempelajari bahwa orang-orang yang tinggal di daerah yang ditanami banyak tumbuhan memiliki pikiran yang tenang dan jernih,” ujar Profesor Mathew White, psikolog sosial di Exeter University, Inggris.


Baca Juga: Tips Aman Gunakan Bahan Kimia di Rumah

 

Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

“Ketika Anda menjemur pakaian di dalam rumah, lembap pada pakaian akan menguap di seluruh rumah. Ini dapat meningkatkan kelembapan di dalam rumah dan mengakibatkan iritasi pernapasan dan infeksi, batuk, serta memperparah penderita asma,” tutur Profesor Peter Howarth, spesialis alergi dan pernapasan dari Southampton University, Inggris. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: rumah,   kesehatan










Cover April 2020