Mother&Baby Indonesia
Ayah juga Bisa Memijat Bayi

Ayah juga Bisa Memijat Bayi

Biasanya pijat bayi dilakukan oleh istri Anda, sedangkan para ayah jarang sekali terpanggil untuk melakukannya. Mungkin karena tubuh kecil bayi yang rapuh dan tangan ayah yang mantap, serta gerakan pijat yang lemah lembut membuat Anda merasa 'repot' untuk melaksanakannya.

 

Namun, menurut Rina Poerwadi, terapis, Anda bisa melakukan olah tubuh yang hasilnya setara dengan pijat. Kegiatan itu disebut 'lympathic exersice'. Kegiatan ini tidak memerlukan minyak, tidak perlu membuka baju bayi, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.



 

Manfaatnya, untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu komunikasi antara otak kanan dan kiri. Dan juga sebuah permainan yang mengasyikkan untuk Anda. Berikut cara melakukannya.



 

1. Baringkan anak dalam posisi telentang, pegang kedua tangannya lalu ayunkan ke atas dan ke bawah sebanyak 5 kali.
2. Silangkan kedua tangannya, menutup dan membuka dengan posisi tangan bergantian misalnya cross pertama tangan kanan di atas, cross ke 2 posisi tangan kiri di atas.
3. Pegang pergelangan kaki dengan erat, tekankan ke bawah kearah pangkal paha sebanyak 5 kali.
4. Silangkan kedua kaki sama, seperti tangan dengan gerakan bergantian membuka dan menutup, dengan posisi kaki berganti juga, lakukan 5 kali.
5. Pegang kaki kanan dan tangan kiri bayi, temukan di tengah badan secara diagonal. Hati-hati, jangan paksakan agar ujung kaki dan tangan bertemu dengan sempurna.
6. Kegiatan ini dapat dilakukan sambil bernyanyi atau berhitung. Setelah selesai, ayah dapat memeluk buah hatinya. (YA/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: ayah,   bayi,   pijat,