Mother&Baby Indonesia
Manfaat dan Tips Mengajak Anak Berkebun

Manfaat dan Tips Mengajak Anak Berkebun

Mengajak Si Kecil berkebun mungkin bisa menjadi pilihan Moms untuk beraktivitas di luar ruangan. Jangan pernah takut anak Anda menjadi kotor terkena tanah, karena ternyata berkebun sangat bermanfaat. Si Kecil bisa lebih memahami dan menghargai alam sejak usia dini dan memengaruhi perkembangan karakter. Mereka belajar bertanggung jawab, bekerja keras, sabar dan percaya diri. Selain itu, sambil berkebun Moms bisa mengajarkan tentang nutrisi yang terkandung dalam tanaman sehingga tak lagi anti pada sayuran maupun buah-buahan.

 

Nah, bagaimana mengenalkan aktivitas ini kepada Si Kecil?
Mulailah dari hal kecil dengan mengajak anak menanam, misalnya menanam kacang di dalam pot. Biarkan ia menyaksikan sendiri bagaimana kacang tersebut bertumbuh. Beritahu jika tanaman perlu disiram air untuk tetap hidup. Setelah itu, Moms bisa membuat kebun kecil di belakang rumah atau menggunakan teras atau balkon apartemen. Tomat dan strawberry bisa menjadi pilihan untuk kebun Anda dan Si Kecil.



 

Biarkan ia bereksplorasi dan bermain-main dengan tanah seperti menggali atau mencangkul karena bisa melatih sensoriknya. Sambil berkebun Si Kecil juga bisa belajar tentang serangga dan hama tanaman.



 

Jangan lupa pada akhir pekan, ajak mereka mengunjungi botanical garden, agar lebih memperluas pengetahuan mereka. Selamat berkebun! (Meiskhe/DT/dok.MBUK)

 



Tags: anak,   balita,   berkebun,  










Cover April 2020