Mother&Baby Indonesia
JIka Si Kecil Masuk NICU

JIka Si Kecil Masuk NICU

Harusnya, momen kelahiran Si Kecil menjadi saat-saat yang menggembirakan untuk keluarga Anda. Namun, semua serasa runtuh ketika ia harus dirawat di ruang NICU. Jangan panik, Moms. Anda pasti bisa melaluinya. M&B akan menemani Anda dengan tips berikut:

 

1. Cari banyak informasi
Jangan hanya pasrah dengan apa yang dikatakan dokter, cari tahu kondisi anak Anda dari banyak sumber. Anda bisa mencari di internet, bertanya pada dokter lain atau kenalan Anda yang pernah mengalami hal yang sama. Setelah mencari banyak info Anda mulai bisa meneliti apakah dokter dan rumah sakit yang merawat anak Anda sudah sesuai dengan kebutuhan.



 

2. Bersiap emosi yang terkuras
Semua mengerti, Moms, tidak ada yang lebih menyedihkan daripada melihat bayi yang baru lahir harus berjuang untuk hidupnya. Belum lagi jika kondisi Si Kecil naik turun. Persiapkan mental Anda, bahwa perjuangan ini mungkin sangat melelahkan dan panjang. Mantapkan hati untuk tetap kuat dan berjuang bersama pasangan Anda.

 

3. Bersiap menyusui
Lakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri menyusui. Misalnya saja, memompa ASI jika sementara Si Kecil tidak bisa menyusui langsung. Pijat payudara dan makan makanan bergizi untuk melancar ASI.

 



4. Jangan lupakan Si Kakak
Memiliki ‘saingan’ baru sudah cukup sulit untuknya apalagi jika perhatian semua orang beralih pada adiknya saja. Sisakan sedikit perhatian untuk Si Kakak supaya ia tidak merasa dilupakan. Di sisa waktu tetap ajak ia bermain sambil ceritakan kondisi Sang Adik. Biarkan ia ikut terlibat dalam kehidupan batu adiknya.

 

5. Jaga kesehatan
Semuanya pasti sangat melelahkan tapi Anda sudah menjadi tumpuan bayi mungil yang sedang berjuang. Perhatikan kesehatan Anda, konsumsi asupan bergizi dan tetap istirahat yang cukup.

 

(Siksta/DT/dok.MBUK)



Tags: nicu,   bayi,   new_born








Cover Maret 2020