Mother&Baby Indonesia
Ukuran Car Seat yang Tepat, Kunci Keselamatan Anak

Ukuran Car Seat yang Tepat, Kunci Keselamatan Anak

Setelah Departement for Transport di Inggris mengeluarkan fakta bahwa ada peningkatan kematian atau masalah serius pada anak akibat kecelakaan di jalan raya pada 2 dekade terakhir, data statistik pun mengungkapkan 2 dari 3 orangtua ternyata salah memilih ukuran car seat bagi anak-anak mereka.

 

Good Egg Safety, sebuah grup yang mengkampanyekan tentang keselamatan di jalan raya, menjelaskan 71 persen car seat di Inggris dan Wales serta 64 persen car seat di Scotland yang dites tidak memenuhi standar. Data tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sebab sebelumnya pada 2010 car seat yang tidak memenuhi standar keamanan sekitar 47 persen saja.



 

“Dua dari tiga anak dan bayi di Inggris saat ini berisiko mengalami masalah serius bila terjadi kecelakaan akibat posisi tempat duduk yang tidak tepat, ukuran car seat yang salah, serta bentuk mobil yang kurang benar. Yang paling menyedihkan adalah kebanyakan orangtua dan kakek-nenek tidak memahami apa yang terbaik bagi anak-anak mereka. Mereka tidak tahu letak tempat duduk atau car seat yang aman untuk anak-anak,” ujar Jan James, chief executife Good Egg Safety.

 



Karenanya, pemerintah merasa perlu mengeluarkan kebijakan baru mengenai sistem keamanan car seat, salah satunya yaitu car seat juga harus disesuaikan dengan tinggi badan anak. Menteri Transportasi Inggris, Robert Goodwill, menyebutkan, “Kami sedang dalam proses membentuk spesifikasi baru untuk tempat duduk anak di dalam mobil. Standar terbaru dengan proteksi yang lebih baik dalam memilih car seat adalah berdasarkan tinggi badan Sang Anak, bukan usianya, sehingga memudahkan orangtua untuk memilih car seat dengan tepat.”

 

Dilansir melalui Daily Mail, Good Egg Safety menganjurkan agar para orangtua harus meminta bantuan dari petugas toko untuk menggunakan car seat di dalam mobil secara benar serta mengetahui secara pasti apakah car seat yang dibeli sesuai dengan berat dan tinggi badan anak maupun model mobil yang digunakan. Selain itu, bagi Anda yang memiliki bayi yang belum genap berusia 15 bulan, pastikan car seat yang dibeli memiliki proteksi bagi kepala, leher, dan perutnya. (Sagar/DT/Dok. Daily Mail)



Tags: bayi,   balita,   car_seat










Cover Mei-Juni-Juli 2020