Mother&Baby Indonesia
Stimulasi Indra Peraba Bayi

Stimulasi Indra Peraba Bayi

Bayi belajar dan mendapat informasi melalui seluruh panca indranya, termasuk indra peraba. Karenanya, beri kesempatan Si Kecil merasakan berbagai sensasi melalui indra perabanya, yaitu dengan memberikan bermacam bentuk rangsang sentuhan, seperti usapan lembut atau gelitik. Usap seluruh permukaan tubuh Si Kecil lewat pijatan atau gelitik lembut telapan tangan dan kakinya. Anda juga bisa mencium beberapa bagian tubuhnya sambil meniup kulitnya.

 

Indra peraba juga merupakan salah satu alat berkomunikasi. Bagi bayi yang belum bisa bicara, sentuhan lembut tangannya di wajah Anda bisa berarti: “Terima kasih” atau “I love you, Mama”. Begitu juga sebaliknya. Belaian Anda yang ia rasakan merupakan bentuk komunikasi intim Anda dengannya. Sentuhan rutin yang dirasakan anak terbukti mampu mendukung tumbuh-kembangnya. Hal ini dibuktikan oleh Tiffany Field, Ph.D., direktur Touch Research Institue di University of Miami Medical School. Prof. Field menemukan bahwa pertambahan berat badan bayi prematur yang dipijat rutin lebih pesat dibanding yang tidak dipijat.



 



Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merangsang indra peraba SI Kecil adalah dengan membiarkannya merasakan pengalaman menyentuh berbagai jenis tekstur. Anda bisa mengenalkannya pada benda dengan tekstur berbeda, keras-lunak, berbulu – halus, kasar – lembut, dan lain-lain. Saat ini sudah ada mainan yang dikhususkan untuk mengenalkan bayi pada berbagai tekstur benda. (OCH/Dok. M&B UK)



Tags: stimulasi,   indra_peraba,   bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020