Mother&Baby Indonesia
Bayi Kembar Dempet di Cina Berhasil Dipisahkan!

Bayi Kembar Dempet di Cina Berhasil Dipisahkan!

Bila dulu bayi kembar dempet asal kota Kunming, provinsi Yunnan, Cina, harus berbagi ginjal yang sama, sekarang tidak perlu lagi. Mereka sudah sukses dipisahkan oleh tim medis setelah melalui 8 jam operasi. Para dokter pun mengatakan ini adalah operasi pertama yang sukses di daerah tersebut.

 

Ayah dari kedua bayi perempuan yang lahir pada 30 Oktober 2014 itu mengaku sedih melihat kondisi buah hatinya saat dilahirkan di kota Quijing. Mereka kemudian langsung dibawa ke rumah sakit di ibu kota untuk mendapatkan perawatan. “Saya dan istri tidak menyangka kalau tubuh mereka menyatu. Kami sangat khawatir akan kondisi kesehatan mereka,” ujarnya dalam laporan berita di China Central Television. Dokter mengaku kesulitan memberikan anestesi dikarenakan berat badan mereka di bawah standar. Mereka pun sempat kehilangan darah dan langsung dirawat di ICU.



 



Minggu lalu bayi kembar dempet berjenis kelamin perempuan yang berasal dari Texas juga melakukan operasi pemisahan. Kedua bayi yang diberi nama Knatalye Hope dan Adeline Faith Mata itu berbagi dada, paru-paru, lapisan jantung, diafragma, hati, usus, serta panggul yang sama. Dilansir melalui Daily Mail, sebanyak 26 tenaga ahli dikerahkan dalam operasi ini, di antaranya 12 dokter bedah, 6 ahli anestesi, dan 8 perawat. Mereka membutuhkan waktu operasi lebih lama dibandingkan dengan bayi kembar di Cina, yaitu sekitar 26 jam. Beruntungnya, mereka juga berhasil dipisahkan dan dalam proses penyembuhan. (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)



Tags: bayi,   kembar_dempet










Cover April 2020