Mother&Baby Indonesia
Persiapkan Diri Saat Menjalani Water Birth

Persiapkan Diri Saat Menjalani Water Birth

Gentle birth adalah salah satu metode melahirkan yang bermanfaat untuk meminimalisasi trauma pada ibu. Dengan gentle birth, seorang ibu bisa melalui proses persalinan yang nyaman tanpa rasa sakit. Salah satu gentle birth yang cukup dikenal adalah water birth, yaitu persalinan dalam air. 

 

Lottie Daley, seorang hypnobirthing expert, berbagi pengalamannya saat melahirkan dengan metode gentle birth. “Saya memiliki trauma saat melahirkan anak pertama. Saat itu saya merasa hilang kontrol atas tubuh saya. Saat mengetahui sedang hamil anak kedua, saya memutuskan untuk melahirkan tanpa tekanan. Saya pun langsung mengikuti kelas hypnobirthing. Ini membantu saya menyadari bahwa melahirkan itu tak perlu di rumah sakit. Di rumah juga bisa,” katanya.



 

“Melahirkan memang membutuhkan kerja keras dan sedikit rasa sakit. Tapi musik yang membuat rileks bisa membantu saya tetap tenang. Sebelum melahirkan, saya memang sudah menyiapkan CD khusus. Lilin-lilin aromaterapi juga membuat atmosfer ruangan menjadi lebih enak. Saat di kolam, saya terus ingatkan diri sendiri agar bernapas dengan tenang. Saya membayangkan hujan rintik turun di luar dan diri saya adalah bunga yang sedang mekar dan merekah. Setelah itu, saya coba untuk menekan Si Kecil ke luar dan seketika sakit di tubuh saya menghilang. Rasanya seperti saya ditransfer ke dunia lain, dan saya bahagia. Luar biasa,” cerita Lottie.



 

(Natasha/DT/dok.MBUK)

 



Tags: gentle_birth,   hypnobirthing,   melahirkan,   water_birth










Cover Mei-Juni-Juli 2020