Mother&Baby Indonesia
Tunda Potong Tali Pusat Setelah Melahirkan

Tunda Potong Tali Pusat Setelah Melahirkan

Tali pusat memang memiliki beberapa peranan penting bagi kehidupan seorang bayi. Tali pusat memang mengandung sel induk yang sangat berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit serius, bahkan dalam waktu jangka panjang.

 

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa menunda pemotongan tali pusat setelah persalinan, dapat memiliki beberapa manfaat besar bagi kehidupan bayi nantinya. Menurut para peneliti di Universitas Granada, Spanyol, bahkan penundaan pemotongan tali pusat setelah melahirkan selama 2 menit saja dapat memberi manfaat yang lebih baik bagi perkembangan bayi pada beberapa hari pertama kehidupannya.



 

Dalam studi yang dikutip dari M&B UK ini, para peneliti mengamati sebanyak 64 wanita melahirkan. Setengah atau 50 persen dari bayi yang dilahirkan tersebut, tali pusatnya dipotong saat 10 detik setelah dilahirkan, dan 50 persennya lagi tali pusatnya dipotong setelah 2 menit.

 

Hasilnya, bayi yang pemotongan tali pusatnya ditunda selama 2 menit, terbukti meningkatkan  kapasitas antioksidan, yang membantu mengurangi kerusakan yang diakibatkan karena oksigen yang dihirup. Tingkat hemoglobin bayi akan lebih tinggi 1 atau 2 hari setelah melahirkan, dan bayi tidak menunjukkan kekurangan zat besi 3 atau 6 bulan setelah dilahirkan. Para peneliti menyimpulkan, hal ini akan memiliki efek yang menguntungkan bagi  perkembangan bayi Anda nantinya.



 

(BACA JUGA: 5 Alasan Menyimpan Darah Tali Pusat)

 

Meski demikian, menunda pemotongan tali pusat sebenarnya juga meningkatkan risiko penyakit kuning pada bayi, karena itu pemotongan tali pusat sebaiknya dilakukan antara 1 hingga 2 menit setelah kelahiran. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: persalinan,   ibu,   bayi,   tali_pusat,  








Cover Maret 2020