Mother&Baby Indonesia
Dukungan Kegiatan Menyusui di Tempat Umum

Dukungan Kegiatan Menyusui di Tempat Umum

Kontroversi seputar kegiatan menyusui di depan umum bukanlah sesuatu yang baru. Hal ini dibuktikan oleh seorang ibu di Israel yang mengunggah sebuah foto di Facebook sehingga menjadi bahan perbincangan khalayak. “Saya harus menyusui bayi saya di mana???” ujar ibu bernama Tamar Shugert tersebut dalam caption foto.

 

Pada foto tersebut, wanita berusia 28 tahun itu berpose sedang duduk di atas kloset toilet umum sambil seolah-sedang menyusui bayi. Wajahnya menunjukkan ekspresi terluka, selayaknya ekspresi wajah suaminya yang juga berpose sama namun sambil makan sepiring pasta. Shugert menambahkan, “Bayi saya sedang makan dan itu bukanlah hal yang menjijikkan dari memiliki bayi. Jika Anda tidak ingin makan siang di dalam toilet, jangan berharap saya mau menyusui anak saya di dalam sana.”



 

Shugert merupakan fotografer profesional yang tinggal di Jerusalem bersama suaminya, Daniel. Mereka dikaruniai 2 anak laki-laki berusia 2 dan 4 tahun. Saat ini Shugert pun sedang mengandung buah hati mereka yang ketiga. Foto yang diunggahnya pada akhir Februari 2015 sudah di-share sebanyak 1.200 kali oleh pengguna Facebook. “Saya memang belum pernah diminta menyusui di toilet, meskipun saya akan menolaknya jika ada yang meminta. Saya mendengar teman-teman saya mengalaminya. Dan karena saya sedang hamil, saya rasa topik ini langsung menggugah saya,” ujarnya, seperti dilaporkan oleh Yahoo Parenting.



 

Di Israel sendiri Shugert menyadari isu ini belum sering diangkat ke media. Itulah sebabnya mengapa foto miliknya mendapatkan perhatian sangat besar dari orang-orang. Ia menjelaskan, “Saya percaya untuk menciptakan dunia ini menjadi lebih baik adalah dengan memperlakukan orang lain seperti bagaimana Anda ingin diperlakukan. Saya percaya setiap orang harus merasa nyaman dalam kehidupan sehari-hari mereka, entah itu saat menyusui, makan siang, atau kedua-duanya.” (Sagar/DT/Dok. Yahoo Parenting)



Tags: menyusui,   asi










Cover Mei-Juni-Juli 2020