Mother&Baby Indonesia
Beberapa Jam Setelah Persalinan

Beberapa Jam Setelah Persalinan

Ketika hamil untuk pertama kalinya, hal yang membuat banyak ibu baru khawatir bukan hanya masalah proses persalinan, tetapi juga apa yang akan terjadi pada mereka setelahnya. Bagi Anda belum pernah melahirkan, beberapa kondisi yang terjadi pasca persalinan memang akan terasa mengejutkan.

 

Itulah sebabnya Anda perlu menggali pengetahuan tentang apa yang terjadi setelah persalinan agar lebih tenang dan relaks menjalaninya. Berikut beberapa hal yang biasanya terjadi dalam beberapa jam pasca persalinan.



 

1. Sangat Kelelahan
Hal ini sangat wajar terjadi jika Anda melakukan persalinan normal hingga tidak memiliki tenaga lagi untuk melakukan apapun. Bayangkan saja, Anda harus terjaga selama berjam-jam untuk melahirkan Si Bayi. Kondisi yang sama pun akan terjadi jika Anda melakukan persalinan secara Caesar. Anda akan merasa sangat letih dan seperti tidak memiliki kekuatan.

 

2. Nyeri Pasca Persalinan
Setelah persalinan, nyeri kontraksi yang dirasakan akan tetap berlanjut. “Kontraksi yang dirasakan ibu akan membantu rahim kembali ke bentuk semula dalam 4-6 minggu pasca persalinan,” jelas Robin Elise Weiss, LCCE, ahli kehamilan dan persalinan. Untuk mengatasi nyeri yang dirasakan, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, namun sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Selain itu, cobalah teknik relaksasi dan pernapasan yang Anda lakukan saat persalinan, berjalanlah sejauh yang Anda bisa, dan pastikan kandung kemih selalu dalam keadaan kosong.



 

3. Sangat Berkeringat
Anda mungkin akan merasa sangat berkeringat setelah melahirkan Si Bayi. Kondisi ini sangat wajar dan terjadi karena pengaruh hormon yang ada di dalam tubuh. Dengan berkeringat, Anda juga sedang mengeluarkan kelebihan air yang terkandung di dalam tubuh selama masa kehamilan. Kondisi ini akan berlangsung hingga beberapa minggu setelah persalinan dan menjadi lebih lama jika Anda menyusui. Namun jika Anda berkeringat disertai demam, segera hubungi dokter, karena mungkin Anda terkena infeksi.

 

Masih ada beberapa hal yang akan Anda alami beberapa jam setelah persalinan. Baca artikel lengkapnya di majalah Mother&Baby edisi Maret 2015! (DC/Aulia/dok.M&B)



Tags: persalinan,   ibu,   hamil,   bayi,  










Cover April 2020