Mother&Baby Indonesia
Gigi Sehat Ibu Hamil: Masalah Gigi Ibu Hamil (1)

Gigi Sehat Ibu Hamil: Masalah Gigi Ibu Hamil (1)

Perubahan hormon yang dialami ibu hamil memungkinkan terjadinya berbagai permasalahan mulut. Tak banyak yang tahu bahwa permasalahan mulut yang hadir saat hamil bisa sangat berbahaya bagi ibu juga janinnya. Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan calon ibu untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut sebelum kehamilan.
                                                                                                                                                    

 

KARANG GIGI & BAU MULUT
Masih banyak calon ibu yang tidak rajin melakukan scaling atau pembersihan karang gigi secara teratur sebelum kehamilan. Padahal menurut drg. Ariandes Veddytaro, karang gigi bisa menyebabkan gusi berdarah. Sayangnya, jika ibu hamil mau melakukan pembersihan karang gigi, dokter hanya bisa membersihkan bagian di atas gusi untuk menghindari luka pada gusi. Pembersihan karang gigi pada ibu hamil berguna untuk mengurangi karang gigi yang otomatis akan mengurangi plak.



 

GUSI
Perubahan hormon pada ibu hamil dapat menyebabkan gusi berdarah atau pembengkakan gusi. Namun tak semua ibu hamil mengalami permasalahan ini tergantung pada kondisi tubuh masing-masing ibu. Gusi berdarah dan pembengkakan adalah jenis infeksi yang bisa menyebabkan hilangnya perlekatan gigi dan gusi sehingga gigi bisa lepas dari gusi. Infeksi gusi ini juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh ibu tidak stabil dan akan memengaruhi tumbuh kembang janin.

 



GIGI NGILU
Pada saat hamil, beberapa ibu akan mengalami muntah yang cukup sering. Saat muntah,  asam lambung akan terbawa naik dan menempel pada gigi yang akan menyebabkan pengikisan email gigi. Hal inilah yang akan membuat dentin terbuka sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu. Untuk menghindari permasalahan ini, cobalah untuk berkumur sehabis muntah untuk membersihkan rongga mulut.

 

(Siksta/DT/dok.MBUK)



Tags: ibu_hamil,   hamil,   gigi,   sakit_gigi








Cover Maret 2020