Mother&Baby Indonesia
Mengenal Jenis Obat-Obatan untuk Anak

Mengenal Jenis Obat-Obatan untuk Anak

Ada banyak sekali jenis obat-obatan yang ditawarkan untuk mengobati penyakit Si Kecil, sehingga Ada baiknya Anda mengenalinya terlebih dahulu sebelum memberikan kepadanya. Berikut beberapa jenis obat-obatan yang biasanya diberikan kepada anak-anak.

 

Obat Batuk Putih
Saat Si Kecil batuk, Anda dapat meringankannya dengan obat batuk putih (OBP) atau potio alba. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikannya.

 

Parasetamol dan Ibuprofen

Jika Si Kecil demam, Anda boleh memberikan parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan panasnya. Tetapi perlu diingat bahwa ibuprofen harus diminum setelah makan, karena dapat merangsang lambung, sementara parasetamol bisa diminum sebelum makan. Parasetamol juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan.

 

Gripe Water

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi segala keluhan Si Kecil yang timbul karena tumbuh gigi, perut kembung, hidung tersumbat, dan lainnya.

 

Boorwater
Boorwater merupakan obat luar untuk mengatasi mata merah atau belekan pada Si Kecil. Jika 3 hari setelah digunakan tidak juga ada perubahan, segera bawa ia ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Antihistamin
Obat ini berguna untuk melawan gejala alergi berupa hidung meler, mata berair, gatal-gatal dan uticaria. Antihistamin tersedia dalam bentuk sirup untuk diminum dan salep atau semprot yang digunakan untuk meringankan ruam di kulit. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)
 



Tags: obat,   anak,   sakit,   ibuprofen,   parasetamol








Cover Maret 2020