Mother&Baby Indonesia
Gigi Sehat Ibu Hamil: Lakukan Sebelum Hamil (3)

Gigi Sehat Ibu Hamil: Lakukan Sebelum Hamil (3)

Sebaiknya perawatan gigi dilakukan sejak sebelum kehamilan, karena minimnya perawatan yang bisa dilakukan seorang ibu selama kehamilan.

 



Ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara serius oleh wanita yang menyiapkan kehamilan:
1. Cek apakah ada lubang di gigi, jika ada segeralah tambal sampai selesai.
2. Periksa juga gusi jika ada masalah dan lakukan perawatan segera.
3. Bersihkan karang gigi secara teratur.
4. Terakhir, perhatikan apakah Anda memiliki gigi belakang dalam posisi tidur. Jika harus segera diangkat, lebih baik lakukan pengangkatan sebelum terjadi peradangan. Jika peradangan terjadi setelah kehamilan, ibu hanya bisa meminum obat analgetik dalam pengawasan dokter kandungan dan ibu akan merasakan tidak nyaman. 



 

Ibu juga harus menjaga kesehatan gigi dengan sikat menyikat gigi 2 kali sehari secara teratur, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Selain itu, pilihlah pasta gigi yang bisa memberikan proteksi lebih terhadap gusi. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut supaya tidak mecederai email dan gusi. Gunakan obat kumur povidone iodine, sekali dalam 1 atau 2 hari. “Untuk mendukung kesehatan gigi, banyak konsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin C. Vitamin C bisa membantu menyehatkan sel-sel dalam jaringan gusi,” saran drg. Ariandes Veddytaro.

 

(Siksta/DT/dok.MBUK)



Tags: ibu_hamil,   hamil,   gigi,   sakit_gigi