Mother&Baby Indonesia
7 Cara Tingkatkan Percaya Diri Anak

7 Cara Tingkatkan Percaya Diri Anak

Tidak hanya membantu Si Kecil berpakaian untuk ke sekolah dan menyiapkan makan siangnya, Anda juga bisa membekali Si Kecil dengan rasa kepercayaan diri. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri Si Kecil saat akan pergi ke sekolah.

 

1. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan
Si Kecil bisa menjadi sangat sensitif dengan apa yang Anda katakan. Ingatlah untuk tidak hanya memberikan pujian pada saat Si Kecil selesai mengerjakan tugasnya, tapi pujilah juga perjuangan yang telah Si Kecil lakukan.



 

2. Jadilah pribadi yang positif agar dapat menjadi contoh yang baik
Bila anda menunjukan sikap yang kasar, pesimis, dan tidak realistis terhadap kemampuan Anda, Si Kecil juga akan meniru Anda. Oleh sebab itu bersikaplah optimis dan positif agar Si Kecil akan memiliki contoh yang baik untuk ditiru.

 

3. Selalu beri semangat dan tanamkan keyakinan positif pada Si Kecil
Penting bagi Anda untuk selalu memberi semangat pada Si Kecil dalam menjalani kewajibannya. Bantu Si Kecil dalam mengevaluasi diri dengan keyakinan positif agar Si Kecil dapat membentuk karakter diri yang baik.

 

4. Selalu berikan perhatian walaupun pada hal kecil sekalipun
Cinta Anda akan membantu Si Kecil dalam membentuk karakter diri. Berikan sebuah pelukan dan katakan pada Si Kecil bahwa Anda sangat bangga dengan perjuangan yang telah dlakukannya, atau ketika Si Kecil tetap berusaha walaupun gagal.

 

5. Tanamkan nilai dan cara pandang yang positif
Berikan pernyataan yang baik, seperti, “Ibu melihat kamu marah pada kakakmu, namun kamu berusaha untuk bicara baik-baik daripada berteriak atau memukul kakakmu. Perbuatanmu sungguh hebat”. Cara ini berguna agar Si Kecil dapat membuat keputusan yang baik di lain waktu.



 

6. Bentuk lingkungan di rumah yang aman, nyaman, dan menyenangkan
Bila Si Kecil merasa tidak aman dan melihat atau menerima perbuatan kasar di rumah, Si Kecil berisiko mengalami pembentukan karakter diri yang buruk. Ciptakanlah lingkungan di rumah yang aman, nyaman, dan menyenangkan untuk Si Kecil.

 

7. Bimbing dan bantu Si Kecil untuk terlibat dalam pengembangan dirinya
Aktivitas yang mengutamakan kerjasama dibandingkan kompetisi adalah aktivitas yang sangat membantu untuk pengembangan diri Si Kecil. Penting untuk diingat bahwa kewajiban Anda sebagai orangtua adalah membesarkan Si Kecil sebaik mungkin.

 

(Cynthia/DT/dok.Freedigital Photos)

 

 



Tags: sekolah,   anak,   toddler,   percaya_diri_anak








Cover Maret 2020