Mother&Baby Indonesia
Tips Manajemen Waktu untuk Ibu Bekerja

Tips Manajemen Waktu untuk Ibu Bekerja

Masalah utama yang dialami banyak ibu bekerja adalah manajemen waktu. Membagi waktu antara pekerjaan dan ‘urusan rumah’, terlebih masalah Si Kecil memang tidak mudah dan butuh strategi serta konsistensi. Hal-hal tersebut berlaku bagi ibu yang bekerja full time di kantor, maupun bekerja dari rumah.

 

Jika tidak hati-hati dan bijaksana dengan waktu, Anda hanya akan menyia-nyiakannya. Ada 3 cara bagi ibu bekerja agar bisa mengelola waktu mereka lebih baik. Berikut tipsnya!



 

1. Belajarlah untuk Mengatakan Tidak

Anda diajak berkumpul dengan sesama ibu lainnya untuk hal yang kurang penting, seperti bergosip atau sekadar menemani mereka berbelanja setelah jam makan siang? Hal ini memang tidak salah, tetapi Anda harus perhatikan tanggung jawab Anda sendiri terhadap pekerjaan. Anda perlu belajar kapan dan bagaimana mengatakan tidak ajakan-ajakan yang dapat mengganggu pekerjaan dan dinilai kurang penting. Jelaskan pada mereka bahwa Anda sangat sibuk dengan beban kerja Anda sendiri, tetapi jika dia masih membutuhkan bantuan setelah pekerjaan Anda selesai, dengan senang hati Anda akan membantunya.

 



2. Berdelegasi

Jika Anda merasa hanya ‘tenggelam’ dengan pekerjaan setiap hari yang cukup menyita banyak waktu, mungkin saatnya untuk menilai kembali beban pekerjaan Anda. Amati lagi satu per satu tanggung jawab pekerjaan Anda dan tentukan apa yang benar-benar perlu dikerjakan oleh Anda dan apa saja yang sebenarnya bisa dilakukan oleh orang lain. Cobalah bicara dengan atasan Anda untuk mulai minta bantuan asisten atau anak magang. Jika mungkin, minta atasan Anda untuk mengurangi beberapa pekerjaan yang kurang perlu untuk membantu meringankan tekanan Anda sebagai ibu bekerja.

 

3. Tentukan Daftar Prioritas

Jika terlalu banyak yang harus Anda lakukan, siapkan daftar pekerjaan setiap harinya, dan urutkan berdasarkan hal-hal yang benar-benar penting dan perlu dilakukan. Dahulukan pekerjaan yang harus Anda selesaikan lebih dulu. Dengan begitu, hidup Anda akan terasa lebih teratur dan produktif dalam bekerja. Selain itu, waktu Anda pun tidak akan terbuang sia-sia. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)
 



Tags: ibu,   bekerja,   karir,   waktu,   tips,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020