Mother&Baby Indonesia
Kebakaran di Kantor! Apa yang Harus Dilakukan?

Kebakaran di Kantor! Apa yang Harus Dilakukan?

Moms, gedung tempat M&B berkantor, Wisma Kosgoro, Thamrin, Senin (09/03) lalu terbakar. Tentu saja semua panik ketika harus menyelematkan diri. Sebenarnya apa saja yang harus dilakukan supaya bisa melakukan penyelamatan yang tepat dan cepat saat terjebak dalam kebakaran di gedung kantor Anda?

 

1. Ketika masuk ke dalam gedung kantor Anda, jangan malas untuk mengetahui di mana arah evakuasi jika terjadi kebakaran. Ingat, Anda tidak tahu kapan musibah akan terjadi, jadi jangan menyepelekan. Biasanya denah evakuasi ditempel di bagian dinding kantor Anda.
2. Selalu ingat di mana letak pintu darurat. Biasanya pintu darurat tidak pernah dikunci dan berat untuk dibuka juga tahan panas dan api. Pintu darurat juga dilengkapi lampu penerangan yang berfungsi secara otomatis dalam keadaan darurat. Sesekali pastikan bahwa pintu darurat lantai kantor Anda bekerja dengan baik dan tidak terkunci.
3. Saat terjadi kebakaran, jangan panik. Walaupun memang sulit untuk tidak panik, namun ketika tenang Anda bisa berpikir dengan lebih jernih. Berjalanlah dengan cepat ke tangga darurat dan ikuti instruksi petugas keamanan di lantai Anda.
4. Tinggalkan barang-barang Anda yang sulit dibawa dan cepatlah menyelamatkan diri. Ingat Anda tidak tahu seberapa berbahaya keadaan pada 5 menit ke depan. Fokuskan pada keselamatan nyawa Anda karena semua benda bisa Anda cari di lain waktu.
5. Lepaskan alas kaki yang menghambat pergerakan Anda misalnya sepatu hak tinggi. Sediakan selalu sandal atau alas kaki lain yang bisa dipakai bergerak cepat di meja Anda.
6. Biasanya listrik akan mati secara otomatis jika terjadi kebakaran, namun di beberapa gedung akan muncul lampu darurat yang mengarahkan Anda ke pintu darurat. Ikuti arah lampu tersebut dan jangan pernah memakai lift karena lift akan mati bersamaan dengan matinya listrik.
7. Ketika sudah sampai di luar gedung, segeralah menjauh sampai keadaan aman. Jangan menonton kebakaran karena percikan api dan barang-barang lain yang berjatuhan akan sangat berbahaya.



 



(Siksta Alia/DT/dok.Freedigital Photos)



Tags: kebakaran,   kantor,   penyelamatan,   kosgoro